Kejari Simalungun Diminta Usut Tuntas Dugaan Korupsi Lima Paket Proyek Dinas BMBK Sumut


291 view
Kejari Simalungun Diminta Usut Tuntas Dugaan Korupsi Lima Paket Proyek Dinas BMBK Sumut
Jos
Kantor Dinas PU Bina Marga Bina Konstruksi Propinsi Sumatera Utara.

Medan (SIB)

Kalangan DPRD Sumut meminta Kejari Simalungun segera mengusut tuntas kasus dugaan korupsi lima paket proyek Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan Siantar (UPTJJS) Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sumut tahun anggaran 2021 di Kabupaten Simalungun.

Desakan itu diungkapkan Ketua Fraksi Nusantara (FN) DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga dan anggota Fraksi PDI Perjuangan Poaradda Nababan kepada wartawan, Senin (8/8) di DPRD Sumut menanggapi pengaduan Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Gemapsi) yang telah melaporkan kelima paket proyek yang diduga bermasalah tersebut ke KPK.

"Walaupun Gemapsi melaporkan kasus dugaan korupsi tersebut ke KPK, tidak ada salahnya Kejari Simalungun melakukan penyelidikan karena kalau menunggu KPK, turun ke Simalungun, tentu membutuhkan waktu lama," tandas Zeira sembari berharap kepada penegak hukum agar kasus ini diprioritaskan.

Seperti diberitakan SIB, Rabu (20/7), Ketua Gemapsi, Anthony Damanik kepada wartawan menyampaikan, kelima proyek Dinas BMBK Sumut di Simalungun yang diduga bermasalah tersebut, antara lain proyek pembangunan jembatan provinsi Km 137 + 800 pada ruas jalan provinsi jurusan Pematangsiantar - Tanah Jawa di Kabupaten Simalungun dengan anggaran Rp10,4 miliar.

Kemudian pembangunan Turap/Talud/Bronjong pada ruas jalan provinsi jurusan Pematangsiantar - Tanah Jawa dengan anggaran Rp 2,99 miliar, proyek pembangunan drainase pada ruas jalan provinsi jurusan Saran Padang dengan anggaran Rp 3,99 miliar.

Selanjutnya proyek peningkatan struktur pada ruas jalan provinsi Simpang Raya - Sipintuangin - Pelabuhan Tigaras dengan anggaran Rp17,2 miliar.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com