Penyelesaian Akhir Ghana Jadi Kunci Taklukkan Korsel, Kamerun Kerja Keras Tahan Seri Serbia

* Inggris Lebih Berbahaya Ketimbang Wales, Iran vs Amerika Saling Jegal

426 view
Penyelesaian Akhir Ghana Jadi Kunci Taklukkan Korsel, Kamerun Kerja Keras Tahan Seri Serbia
(Foto Dok @alimo_philip)
CETAK GOL: Bek Ghana, Mohammed Salisu (tiga dari kiri) mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada laga Grup H Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Education City, Al Rayyan, Senin (28/11). Ghana menang 3-2. 

Jakarta (SIB)

Ghana mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2 pada laga Grup H Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Education City, Al Rayyan, Senin (28/11) malam.


Meski Korsel yang mendominasi laga, Ghana sukses menghajar lawannya itu dengan gol-gol penting.


Ghana yang bermain sabar sukses memberi hukuman kepada Korsel. Meski hanya mencetak tiga sepakan ke gawang pada laga tersebut, namun penyelesaian akhir para pemain Ghana sempurna. Ketiganya justru bersarang menjadi gol.


Di sisi lain, Korsel lebih banyak memegang kendali permainan dengan penguasaan bola tinggi. Dari 11 percobaan, ada 6 tembakan yang mengarah ke gawang Ghana. Rapatnya barisan pertahanan Ghana turut membuat serangan Korsel sia-sia.


Korsel yang mendominasi pertandingan, harus kebobolan lebih dulu. Mohammed Salisu membobol gawang Kim Seung Gyu pada menit ke-24 setelah memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti.


Sepuluh menit berselang, Ghana menggandakan keunggulan. Mohammed Kudus menuntaskan umpan Jordan Ayew. Skor 2-0.


Korsel meningkatkan serangan di babak kedua. Usaha Taegeuk Warrior mencetak gol baru bisa terwujud pada menit ke-58.


Kang In Lee memberi umpan ke kotak penalti. Cho Gue Sung menyundul bola untuk mencetak gol menjadikan skor 2-1.


Korsel menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Umpan silang Kim Jin Su disundul Cho Gue Sung tanpa bisa ditahan kiper Ati Zigi. Skor 2-2.


Ghana kemudian kembali memimpin setelah Kudus mencetak gol kedua. Umpan mendatar Gideon Mensah dari sisi kiri gagal dituntaskan Inaki Williams, Kudus lantas menyambut bola liar dan melesakkannya ke gawang Korea Selatan.

Korsel belum mau menyerah.


Serangan demi serangan dilancarkan. Namun, skor tidak berubah hingga peluit panjang ditiup. Ghana menang 3-2.


Kamerun Kerja Keras

Kamerun kontra Serbia berakhir dengan skor 3-3 pada lanjutan Grup G Piala Dunia 2022 digelar di Al Janoub Stadium, Senin (28/11) WIB. Kerja keras Kamerun membuat mereka terhindar dari kekalahan di laga ini.


Kamerun awalnya tertekan. Perlahan, mereka bisa mengimbangi permainan menyerang yang dimainkan Serbia.


Kedua tim bermain terbuka di laga ini. Serbia lebih mendominasi laga dengan unggul penguasaan bola. Bahkan tim asuhan D Stojkovic ini mencetak 13 peluang untuk mencetak gol.


Kamerun pun mengimbangi permainan menyerang Serbia. Serangan Kamerun pun kerap berbahaya. Eric Maxim Chiupo-Moting dan kawan-kawan bisa menembak 8 kali ke gawang Serbia yang dikawal Vanja Milinkovic.


Kendati sempat tertekan di awal laga, Kamerun justru unggul lebih dulu lewat Jean-Charles Castelletto pada menit ke-29.


Sayang, mereka ceroboh sebelum jeda. Serbia membalas dengan dua gol cepat. Strahinja Pavlovic dan Sergej Milinkovic-Savic membalikkan kedudukan pada menit pertama dan ketiga injury time babak pertama


Di babak kedua, Serbia memperlebar selisih melalui Aleksandar Mitrovic pada menit ke-53. Namun Kamerun tak menyerah dan mendapatkan dua gol cepat, masing-masing dari Vincent Aboubakar dan Eric Maxim Choupo-Moting pada menit ke-63 dan 66.


Skor 3-3 bertahan sampai laga usai. Kedua tim pun masih bertahan di posisi 3-4, sama-sama baru mengoleksi satu poin dari dua laga.


Inggris Lebih Berbahaya

Inggris akan menghadapi Wales di Ahmad bin Ali Stadium pada matchday 3 Grup B Piala Dunia 2022, Rabu (30/11) pukul 02.00 WIB.


Di laga lain, Iran dan Amerika Serikat akan saling jegal berebut tiket terakhir lolos ke babak 16 besar.


Inggris yang diasuh Gareth Southgate ini jelas jadi unggulan. Raihan 4 poin dari 2 laga sebelumnya, menempatkan Inggris sebagai pemimpin klasemen sementara.


Wales baru mengumpulkan satu poin di posisi juru kunci. Namun, Wales masih punya peluang untuk lolos dari grup ini.


Satu poin itu diraih Wales dari laga pertama kontra Amerika Serikat dengan skor 1-1. Lalu Wales kalah 0-2 dari Iran.


Sementara itu, Inggris melumat Iran 6-2 di laga pertama. Lalu, Inggris hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Amerika Serikat di laga kedua.


Kapten Timnas Inggris, Kane menegaskan bahwa timnya tidak tampil terbaik di laga itu. "Kami memiliki momen bagus dengan bola, tapi tidak memiliki penyelesaian akhir yang cukup. Hasil imbang tidak buruk bagi kami. Kami melawan tim yang tangguh dan kami melanjutkan langkah," ujarnya.


Peraih sepatu emas Piala Dunia 2018 itu menegaskan dirinya sangat berambisi bisa mengalahkan Wales dan mencetak gol perdananya di Piala Dunia ini ke gawang mereka.


Kane berpotensi menyamai rekor Wayne Rooney dalam jumlah gol di tim nasional Inggris Kane sudah mengemas 51 gol dari 77 penampilannya bersama Timnas Inggris.


Wales kemungkinan akan memasang strategi menyerang total di laga nanti. Pasalnya, hanya kemenangan telak yang akan mengantar mereka lolos ke babak berikutnya, meskipun hasil laga lain juga memengaruhi.


Pertaruhan hidup-mati ini akan mereka tunjukkan lewat formasi 3-5-2. Sementara itu, Inggris berpeluang memasang para pemain muda yang selama ini memenuhi bangku cadangan.


Raheem Sterling dan kolega juga diprediksi bakal tampil tanpa beban sebab tiket 16 besar sudah berada di tangannya.


Inggris lebih berbahaya dan layak diunggulkan di laga ini. Sebab, dari lima pertemuan terakhir kedua tim, Inggris selalu menang.


Di samping itu, performa Inggris masih di atas Wales. Inggris pun jadi salah satu tim favorit juara di turnamen ini. Prediksi, Inggris menang 1-0.


Perkiraan Susunan Pemain

Wales (3-4-3): Danny Ward; Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Neco Williams; Daniel James, Keffer Moore, Gareth Bale.


Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Declan Rice, Jude Bellingham; Raheem Sterling, Mason Mount, Phil Foden; Harry Kane.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com