Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Polisi Minta Buruh Tertib Gelar May Day

Redaksi - Minggu, 30 April 2023 08:38 WIB
197 view
Polisi Minta Buruh Tertib Gelar May Day
Foto: Ist/harianSIB.com
Polisi Minta Buruh Tertib Saat Peringati May Day.
Jakarta (SIB)
Massa buruh rencananya akan menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati hari buruh sedunia pada 1 Mei 2023. Polda Metro Jaya mengimbau agar para massa buruh menggelar Aksi May Day dengan tertib.
"Tentunya kita mengimbau bahwa rekan-rekan dari pekerja juga harus melihat kepentingan masyarakat lain," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dalam keterangannya, Sabtu (29/4).
Menurut dia, jika massa buruh menggelar acara dengan tertib, maka tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat lain. Selain itu, juga untuk menghindari kemacetan.
"Kalau mereka tertib tentunya kan acara lebih enak, tidak akan banyak gangguan-gangguan yang ditimbulkan terhadap misalnya kemacetan dan lain-lain," kata dia.
Karyoto menuturkan, May Day merupakan event perayaan bukan demonstrasi. Sebab itu, dia berkata pihak kepolisian berusaha memberikan pelayanan pengamanan baik untuk pelaksanaan acara maupun masyarakat yang terkena jelasnya.
"Mudah-mudahan acara ini tidak mengganggu ketertiban masyarakat, karena dengan pengerahan anggota dari serikat pekerja yang datang dari luar Jakarta, baik Bekasi, Depok, Tangerang, ke Ibu Kota ini untuk merayakan (May Day)," imbuhnya.
Sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bersama asosiasi buruh akan melakukan aksi pada Hari Buruh atau May Day 1 Mei 2023. Aksi akan dilakukan di depan Istana Negara dan Mahkamah Konstitusi.
"Peserta aksi di Jakarta akan di pusatkan di Istana Negara Jakarta dan kantor atau gedung Mahkamah Konstitusi. Perayaan May Day akan diikuti tercatat yang terorganisir Partai Buruh hampir 50 ribu orang, target kami adalah 100 ribu orang aksi di Istana Negara," ujar Presiden KSPI Said Iqbal, dalam konferensi pers, Kamis (27/4).
Aksi ini akan dimulai pada pukul 09.30 hingga 12.30 WIB. Selanjutnya, aksi May Day akan dilanjutkan ke Istora Senayan pada pukul 13.00 WIB.
"May Day di Jakarta akan berlangsung dari jam 09.30 sampai 12.30 WIB. Mudah-mudahan ada pihak Istana yang bisa menerima peserta aksi yang diorganisir oleh Partai Buruh dan organisasi serikat buruh," tuturnya.
"Pukul 13.00 peserta aksi akan bergeser ke Istora Senayan, melaksanakan May Day Fiesta," sambungnya. (detikcom/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Massa Buruh Unjuk Rasa ke DPRD SU Tuntut Segera Cabut Undang-Undang Cipta Kerja
Rayakan Hari Buruh, Kapolres Pematangsiantar Ajak Massa Joget Bersama
4.105 Personel Polisi-TNI Siap Amankan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta
Hujan-hujanan, Massa Buruh Gelar Demo di Patung Kuda
Massa Buruh Datangi Balai Kota Medan, Tuntut Kenaikan UMK 15 Persen
Kapolda: Kasus Pemerasan Pimpinan KPK Tak Mungkin Disetop Tanpa Dasar
komentar
beritaTerbaru