Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Tuding Dakwaan Kasus ‘Lord Luhut' Mengada-ada, Haris Azhar Minta Dibebaskan

Redaksi - Selasa, 18 April 2023 09:27 WIB
199 view
Tuding Dakwaan Kasus ‘Lord Luhut' Mengada-ada, Haris Azhar Minta Dibebaskan
(Firda/detikcom)
Sidang Haris Azhar 
Jakarta (SIB)
Terdakwa kasus pencemaran nama baik Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Haris Azhar, menuding dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) mengada-ada. Haris meminta dibebaskan atas dakwaan terhadap dirinya.
Hal ini disampaikan Haris dalam sidang eksepsi yang digelar di ruang sidang Soerjadi, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin (17/4). Eksepsi Haris dibacakan oleh tim kuasa hukumnya.
"Nota keberatan kami terhadap surat dakwaan jaksa penuntut umum adalah sebagai berikut. Pertama, eksepsi cacat formal karena dakwaan prematur," kata anggota tim kuasa hukum.
Kuasa hukum Haris mengatakan, upaya mediasi dihentikan secara sepihak oleh polisi. Selain itu, dia mengatakan telah memberikan ruang klarifikasi terkait materi podcast-nya, namun Luhut disebut tak hadir.
"Mediasi dihentikan secara sepihak oleh Penyelidik dan/atau Penyidik. Saksi Pelapor Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak mau menghadiri undangan klarifikasi di podcast yang sama," ujar kuasa hukum Haris.
Kuasa hukum Haris juga mengatakan, Luhut tak pernah diperiksa di tahap penyelidikan. Dia juga menuding dakwaan terhadap Haris mengada-ada.
"Dakwaan Prematur karena Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Pelapor tidak pernah diperiksa pada tahap penyelidikan," katanya.
"Surat dakwaan dibuat secara licik karena tidak berdasar dan mengada-ada dan dibuat dengan tidak beriktikad baik (malicious prosecution). Pemisahan surat dakwaan sebagai niat jahat Jaksa Penuntut Umum untuk menjebak Terdakwa Haris Azhar dan Terdakwa Fatia Maulidiyanti," katanya.
Berdasarkan hal itu, Haris Azhar meminta dibebaskan dari segala dakwaan. Dia meminta surat dakwaan jaksa dinyatakan batal demi hukum.
"Menyatakan Surat Dakwaan Penuntut Umum Nomor Register Perkara: PDM:022/JKT.TIM/EKU/03/2023, tertanggal 27 Maret 2023, atas nama Terdakwa Haris Azhar batal demi hukum," ujar kuasa hukum Haris dalam petitumnya.
"Membebaskan Terdakwa Haris Azhar dari segala dakwaan," lanjutnya.


Minta Dibebaskan
Sementara itu, terdakwa Fatia Maulidiyanti juga menganggap dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) cacat formil dalam kasus pencemaran nama baik Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Fatia meminta dibebaskan atas dakwaan terhadap dirinya.
Hal ini disampaikan Fatia dalam sidang eksepsi yang digelar di ruang sidang Soerjadi, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin (17/4). Eksepsi Fatia dibacakan oleh tim kuasa hukumnya.
"Bahwa dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), terdapat beberapa hal yang membuat surat dakwaan mengandung cacat formil," kata anggota tim kuasa hukum.
Lebih lanjut, kuasa hukum Fatia membacakan eksepsi bahwa Luhut tak pernah diperiksa di tahap penyelidikan. "Dakwaan Prematur karena Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Pelapor tidak pernah diperiksa pada tahap penyelidikan," katanya.
Dalam eksepsinya, kuasa hukum Fatia menganggap surat dakwaan tidak memenuhi syarat klacht delict dan dibuat secara mengada-ada.
"Surat dakwaan dibuat secara licik karena tidak berdasar dan mengada-ada dan dibuat dengan tidak beritikad baik (malicious Prosecution). Pemisahan surat dakwaan sebagai niat jahat Jaksa Penuntut Umum untuk menjebak Terdakwa Haris Azhar dan Terdakwa Fatia Maulidiyanti," katanya.
Berdasarkan hal itu, Fatia meminta dibebaskan dari segala dakwaan. Fatia meminta dakwaan batal demi hukum.
"Menyatakan Surat Dakwaan Penuntut Umum Nomor Register Perkara: PDM:021/JKT.TIM/EKU/03/2023, Tertanggal 27 Maret 2023, atas nama Terdakwa Fatiah Maulidiyanty batal demi hukum," kata kuasa hukum Fatia.
"Membebaskan Terdakwa Fatiah Maulidiyanty dari segala dakwaan," lanjutnya.(detikcom/c)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Hakim Tegur Pengunjung Sidang Haris Azhar yang Teriaki Jaksa
Ahli Bahasa: Podcast Haris Azhar-Fatia Cemarkan Nama Baik Luhut
Saksi Sebut Video ‘Lord Luhut' Bikin Investor Rusia Batalkan Kerja Sama
Staf Tegaskan Tak Provokasi Luhut soal Laporan ke Haris Azhar-Fatia
Luhut Pandjaitan di Sidang Haris Azhar-Fatia: Saya Tak Terima Dibilang Lord
Jaksa Belum Rampung Susun Dakwaan Haris-Fatia: Kami Sangat Hati-hati
komentar
beritaTerbaru