GoMart Tawarkan Pengalaman Belanja Online Andal Selama Ramadan


210 view
GoMart Tawarkan Pengalaman Belanja Online Andal Selama Ramadan
(Foto Dok/Gojek)
KONFERENSI PERS VIRTUAL : Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. dr. Vennetia Ryckerens Danes, M.Sc, Ph.D (paling atas), Head of Groceries Gojek Tarun Agarwal, Head of Product Marketing GoMart Yoel Wijaya (kiri bawah), General Manager Online Business LOTTE Mart Tony Suryadi dan Emak Jago GoMart Siti Aisyah dalam konferensi pers virtual Evolusi Terbaru GoMart, di Jakarta, Kamis (15/4/2021). 
Jakarta (harianSIB.com)

Layanan belanja daring dari Gojek, GoMart, memberikan sejumlah pembaruan fitur untuk mempermudah pengguna berbelanja kebutuhan di bulan ramadan. GoMart saat ini tampil dengan berbagai peningkatan layanan yang semakin mempermudah hidup masyarakat di masa pandemi.

"Selama pandemi, kami melihat pergeseran perilaku masyarakat dalam berbelanja groceries secara online menjadi lebih reguler, di mana mereka semakin mengandalkan layanan GoMart," kata Head of Groceries Gojek Tarun Agarwal melalui jumpa pers daring, Kamis (15/4/2021).

"Untuk merespon perubahan perilaku tersebut, kami secara bertahap berevolusi mengembangkan dan memperluas layanan serta fitur, sehingga masyarakat dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan grocery mingguannya secara online," ujarnya melanjutkan.

GoMart melakukan pembaruan stok harian yang hingga empat kali secara otomatis di aplikasi pelanggan. Dengan fitur ini, pelanggan bisa langsung mengetahui saat produk yang ingin dibeli habis atau tidak tersedia di merchant yang dituju.

Fitur terbaru lainnya adalah chat antara pelanggan dengan Emak Jago, untuk memudahkan proses berbelanja. Selain itu, GoMart juga memberikan rekomendasi resep dalam aplikasi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik yang akan berguna terutama selama Ramadan.

Evolusi tersebut ditujukan untuk dapat semakin memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan belanja mingguannya di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung. Angka pertumbuhan bisnis GoMart pun kian tumbuh sebanyak 7-8 kali lipat selama pandemi tahun 2020.

GoMart juga memperluas layanan ke 11 kota baru di Indonesia, sejak April 2020. GoMart terus memperluas area cakupan layanannya hingga luar Jabodetabek. Saat ini layanan belanja online GoMart sudah dapat dinikmati di termasuk, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Medan, Palembang, dan Makassar.

Setelah bermitra dengan Alfa Group di awal peluncuran kini GoMart telah memperluas kemitraannya mulai dari merchant tradisional hingga modern dengan supermarket dan merchant lainnya seperti LOTTE Mart, Giant, Giant Express, Foodhall, Sayurbox, Perum Bulog, Pasar Jaya dan Best Meat, dan lebih banyak lagi merchant yang menyediakan bahan makanan segar untuk memenuhi kebutuhan mingguan pelanggan.

Selain memudahkan pelanggan untuk memilih bahan makanan segar dan berkualitas dalam berbelanja di GoMart, kehadiran Emak Jago juga turut memberikan dampak sosial berupa lebih banyak lapangan pekerjaan bagi para perempuan yang mengalami tantangan selama pandemi.

Data dari Pusat Hukum Wanita Nasional (NWLC), antara Agustus hingga September, hampir 1,1 juta pekerja usia 20 tahun ke atas keluar dari angkatan kerja. Dari jumlah total tersebut, 865.000 di antaranya adalah perempuan. .

Upaya GoMart ini mendapat dukungan dari Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Vennetia Ryckerens Danes. “Dampak pandemi covid-19 lebih berat dirasakan oleh kelompok perempuan baik dari sisi ekonomi maupun psikologis. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut akan berdampak terhadap terhambatnya pencapaian pembangunan SDM unggul," ujarnya.

Oleh karenanya, inisiatif Gojek lewat layanan GoMart yang merekrut ibu-ibu khususnya keluarga mitra driver sebagai asisten belanja patut didukung dan diacungi jempol. Hal ini dapat menjadi peluang yang baik bagi perempuan agar dapat keluar dari situasi krisis yang diakibatkan oleh pandemi.

“Sebagai perusahaan yang selalu mengedepankan dampak sosial, asisten belanja Emak Jago merupakan upaya kami untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk perempuan dan para ibu. Para Emak Jago kami rekrut dengan mendahulukan keluarga maupun sanak saudara dari para mitra driver Gojek yang juga mengalami tantangan selama masa pandemi. Hal ini semakin mempertegas misi dampak sosial yang senantiasa dipegang teguh oleh Gojek,” tutup Tarun. (*)

Penulis
: Wilfred Manullang/rel
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com