Tindaklanjuti Laporan Pospera, Kejari Asahan Periksa Ketua Koptan Mandiri


1.117 view
Tindaklanjuti Laporan Pospera, Kejari Asahan Periksa Ketua Koptan Mandiri
Istimewa
Kasi Intel Kejari Asahan : Josron Malau SH
Kisaran (harianSIB.com)

Menindaklanjuti laporan DPC Pos Perjuangan Rakyat (Pospera) Kabupaten Asahan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan telah melakukan pemeriksaan terhadap HM Wahyudi selaku ketua Koptan Mandiri.

Kajari Asahan Aluwi SH melalui Kasi Intel Josron Malau SH saat dikonfirmasi harianSIB.com, Selasa (24/8/2021) membenarkan pihaknya telah melakukan pemeriksaaan pada HM Wahyudi selaku ketua Koptan Mandiri.

Dijelaskan Josron, pemeriksaan menindaklanjuti laporan DPC Pospera Asahan yang memuat poin di antaranya dugaan penyelewengan dana bergulir sebesar Rp 20 miliar dari Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (BLU Pusat P2H) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kemudian dugaan penyelewengan bantuan bibit sebanyak 20 ribu batang yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup di tahun 2017, untuk program Hutan Tanaman Rakyat (HTR) di areal yang dimiliki Koptan Mandiri di Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang.

Ditanya, terkait laporan apakah sudah ada ditemukan Perbuatan Melawan Hukum, menurut Josron, pemeriksaan belum mengarah ke sana.

"Ketua Koptan Mandiri telah kita periksa, namun sifatnya masih puldata dan pulbaket," ungkapnya.

Ditambahkan Josron, masih ada 1 poin lagi laporan DPC Pospera Asahan, yakni dugaan pemalsuan dokumen dan identitas.

"Menyangkut laporan ini adalah tindak pidana umum dan kewenangan agar dimulainya penyelidikan ada pada pihak kepolisian," katanya.(*)

Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Robert/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com