Anggota DPRD Karo Desak Pemkab Langkah Kongkrit Atasi Penderitaan Pedagang Pasar Tingkat Berastagi


309 view
Anggota DPRD Karo Desak Pemkab Langkah Kongkrit Atasi Penderitaan Pedagang Pasar Tingkat Berastagi
Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi
Ilustrasi pedagang pasar. 
Tanah Karo (SIB)
Anggota DPRD Karo, Dody Sinuhaji desak Pemkab Karo segera lakukan langkah kongkrit atasi penderitaan korban kebakaran pedagang atas terbakarnya 538 kios Pasar Tingkat Berastagi, Selasa (17/11) yang menimbulkan kerugian material miliaran rupiah.
Selain menimbulkan dampak kehilangan pekerjaan, harus mencari tempat usaha yang baru bagi pedagang.

"Ini harus menjadi perhatian Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Karo," ungkapnya ketika dihubungi melalui telephone selulernya, Selasa (17/11).

Menurut politisi PDIP itu, sangat dibutuhkan pedagang saat ini bagaimana pedagang dapat berjualan dengan nyaman, sehingga dapat berdagang kembali untuk mencukupi kebutuhan dan keluarganya.

Ia menambahkan, disinilah Pemkab Karo dalam mencari tempat untuk berjualan harus tepat dengan terlebih dahulu mengkoordinasikan dengan pedagang. Sebab katanya, dengan mengupayakan tempat berjualan sementara yang direncanakan diadakan di atas gedung Pusat Pasar Lama di Jalan Perniagaan Berastagi, tidak jauh dari lokasi kebakaran dan di seputaran Jalan Veteran Berastagi dengan pembuatan tenda-tenda darurat untuk berdagang.

"Perlu juga skala prioritas diberikan bantuan sosial, berdasarkan regulasi dengan jumlah pedagang yang terimbas kebakaran jumlahnya 538 pedagang dan rumah penduduk yang terbakar lima unit," katanya.

Ia juga menjelaskan dalam hal ini Satgas PDIP Karo ikut membntu pengamanan dan membantu pedagang mengeluarkan barang pedagang dan PAC PDIP Berastagi dan ranting PDIP TL Mulgap 2 berperan aktif kegiatan ini. Dan saat ini telah mendirikan Posko persisnya di simpang menuju pasar yang terbakar.

Ia juga mengapresiasi petugas pemadam kebakaran yang cepat bertindak dari pukul 02.00 WIB dinihari hingga pukul 07.00 WIB untuk memadamkan kobaran api. (BR2/a)
Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com