DPRD SU Ingatkan PT Pertamina Kelangkaan BBM Bisa Picu Gejolak Sosial


99 view
DPRD SU Ingatkan PT Pertamina Kelangkaan BBM Bisa Picu Gejolak Sosial
Foto Dok
Zeira Salim Ritonga
Medan (SIB)
Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga mengingatkan PT Pertamina Marketing Operasional Regional (MOR) I Sumut bahwa berlarut-larutnya kelangkaan BBM (Bahan Bakar Minyak) sejenis Pertalite dan Bio Solar di sejumlah SPBU, bisa memicu gejolak sosial di tengah masyarakat, sehingga perlu segera diantisipasi secepatnya.

"PT Pertamina MOR I Sumut jangan menganggap sepele kelangkaan BBM ini. Harus bergerak cepat mengatasinya dengan memasok ke SPBU sesuai kebutuhan masyarakat. Jangan biarkan rakyat panik, karena bisa mudah tersulut," tandas Zeira Salim Ritonga kepada wartawan, Sabtu (16/10) di Medan.

Dalam kesempatan itu, Zeira juga meminta aparat kepolisian untuk segera turun tangan melakukan penyelidikan atas adanya dugaan permainan kotor di balik kelangkaan BBM tersebut, karena beberapa waktu lalu pihak PT Pertamina sudah "menggaransi" ketersediaan BBM di Sumut mencukupi.

"PT Pertamina menyatakan stok BBM di Sumut cukup, tapi faktanya terjadi kelangkaan. Ini kan sudah tidak benar. Jangan-jangan mafia minyak sudah bermain, sehingga terjadi kelangkaan BBM. Disini kita minta aparat kepolisian secepatnya melakukan penyelidikan, guna mengetahui apa sebenarnya penyebab kelangkaan BBM ini," tandas Bendahara DPW PKB Sumut itu.

Diakui Zeira, pihaknya di Komisi B DPRD Sumut juga telah menjadwalkan untuk memanggil PT Pertamina MOR I Sumut dalam rapat dengar pendapat (RDP), guna meminta penjelasan dan pertanggungjawaban PT Pertamina atas terjadinya kelangkaan BBM ini, karena sangat meresahkan serta merugikan masyarakat.

"Kita sudah jadwalkan pemanggilan pihak PT Pertamina dalam agenda RDP dalam minggu ini, karena situasi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, sebab bisa memicu gejolak sosial di tengah-tengah masyarakat," tandas Zeira yang mengaku sangat kesal atas terjadinya kelangkaan BBM dimaksud.

Zeira dalam kesempatan itu juga mengungkapkan kekuatirannya atas berlarut-larutnya kelangkaan BBM saat ini, karena akan menambah keterpurukan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19, karena mobilitas masyarakat jadi terhambat dan industri-industri rumahan jadi tersendat, para nelayan terpaksa berhenti melaut mencari nafkah, akibat tidak ada BBM.

"Pertamina seharusnya cermat dalam situasi saat ini dan sebaiknya jangan lagi menambah penderitaan rakyat di masa pandemi Covid-19 ini. Segeralah tingkatkan pasokan BBM dan terus memonitor kebutuhan masyarakat," tegas Zeira sembari mengungkapkan keprihatinannya atas terjadinya kelangkaan BBM secara mendadak yang sudah berlangsung dalam satu pekan ini. (A4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com