Dapat Dana Penyertaan Modal Rp 2 M, BUMN Des Bahbirong Ulu Simalungun Tak Berkembang


142 view
Dapat Dana Penyertaan Modal Rp 2 M, BUMN Des Bahbirong Ulu Simalungun Tak Berkembang
Foto: DOK MI
Ilustrasi.

Tiga Balata (SIB)

Modal penyertaan hingga Rp 2 miliar dari alokasi Dana Desa (DD) selama empat tahun berturut-turut, namun Badan Usaha Milik Nagori (Desa) Bahbirong Ulu Kecamatan Jorlanghataran Simalungun yang bergerak di bidang pemeliharaan ternak sapi dinilai tak berkembang.


"Kita melihat BUMNag Bah Birong Ulu di bidang pemeliharaan ternak sapi tidak berkembang karena jumlah ternak peliharaan tidak bertambah malah berkurang dan Laporan pertanggung-jawaban BUMNag juga tidak jelas," ujar Camat Jorlanghataran, Pondang Sidabutar didampingi Kepala Seksi Pemerintahan Nagori (Kasi PEMN) L Siahaan di Kantor Camat Jorlanghataran, Jumat (1/7).


Sesuai hasil monitoring dan laporan pertanggungjawaban yang diterima pihak Kecamatan Jorlanghataran, kata Pondang, total modal penyertaan untuk pengembangan BUMNag Bah Birong Ulu yang bergerak di pemeliharaan ternak sapi hingga saat ini Rp 2 M, alokasi dari DD mulai tahun 2018-2021.


"Selayaknya BUMNag Bah Birong Ulu sudah berkembang dan jumlah ternak sepatutnya bertambah banyak dengan modal penyertaan yang sangat besar, tetapi kita melihat jumlah ternak sapi hanya puluhan ekor saja dan tidak sesuai dengan modal penyertaan," ujar Pondang dan Siahaan.


Dikatakannya, pihaknya telah memberikan pembinaan agar pemerintahan desa, selaku penanggungjawab anggaran dan pengelola BUMNag untuk membuat laporan pertanggung-jawaban anggaran.


"Kita berharap BUMNag Bah Birong Ulu dapat berkembang dan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat khususnya untuk peningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes)," katanya.(D9/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com