Dinas Pertanian Provinsi Sumut Bekali Petani Desa Parbuluan V Dairi Buat Bio Pestisida


308 view
Dinas Pertanian Provinsi Sumut Bekali Petani Desa Parbuluan V Dairi Buat Bio Pestisida
Foto: SIB/Tulus Tarihoran
PERLIHATKAN BUAT BIOSAKA: Petani Desa Parbuluan V, memperlihakan pembuatan bio pestisida kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, saat melakukan pencanangan kawasan pertanian terpadu, Senin (21/11). 

Sidikalang (SIB)

Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara bekali petani di Kawasan Pertanian Terpadu Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan Dairi pembuatan bio pestisida (biosaka) dari dedaunan.


Bahan dasar pembuatan biosaka dari dedaunan yang tidak dimakan ulat minimal sebanyak 5 jenis dan kemudian diremas- remas di dalam wajan dengan air.


Biosaka dari alam dan kembali ke alam. Bahan bakunya seperti daun sipaetpaet, simartahuak dan daun lainnya yang tidak dimakan ulat.


"Penggunaan biosaka salah satu alternatif pengurangan penggunaan pestisida kimia apa lagi harganya terus naik. Penggunaan biosaka selaras dengan alam dan pembuatannya sangat mudah, bahan bakunya mudah didapatkan di lingkungan perladangan," ucap petugas organisme pengganggu tanaman Dinas Pertanian Sumut, Japantas Damanik, Senin (21/11) di areal kawasan pertanian terpadu Desa Parbuluan V.


Petani dibekali membuat obat- obatan pertanian dari alam, sehingga bisa mengurangi biaya/ modal untuk pertanian.


Apa lagi harga pestisida kimia mahal dan penggunaannya bisa berdampak negatif, dimana pestisida kimia digunakan, hama bisa menjadi kebal, dan penggunaan berikutnya dosis semakin tinggi.


Biosaka disemprotkan ke tanaman, ulat dan hama lainnya tidak akan merusak tanaman seperti cabai merah, kol dan lainnya. Selain itu, fungsinya juga menyuburkan tanah, menjaga tanaman lembab dan lainnya.


"Biosaka banyak manfaatnya bagi tanaman. Fungsi utama mengurangi serangan ulat pada daun tanaman," pungkasnya. (B3/d)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com