Kapolrestabes Medan Kunjungi Rumah Bersejarah Milik Tjong A Fie


166 view
Kapolrestabes Medan Kunjungi Rumah Bersejarah Milik Tjong A Fie
Foto Dok/Polrestabes
BERKUNJUNG: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK didampingi istri yang juga Ketua Bhayangkari Cabang Medan Ny Nuke Valentino berkunjung ke rumah bersejarah milik Tjong A Fie di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Sabtu (26/11).

Medan (SIB)

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK berkunjung ke rumah bersejarah milik Tjong A Fie yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Sabtu (26/11).

Suasana kehangatan dan penuh keakraban terasa saat menyambut kedatangan orang nomor 1 di Polrestabes Medan didampingi istri yang juga Ketua Bhayangkari Cabang Medan Ny Nuke Valentino tersebut ke rumah Tjong A Fie yang merupakan bangunan bersejarah yang menjadi heritage di Medan.

"Dalam kesempatan ini kita berkunjung dan bersilaturahmi ke rumah Tjong A Fie yang merupakan situs bersejarah dan menjadi simbol kerukunan masyarakat dan beragama di Kota Medan yang majemuk," ungkap Kapolrestabes Medan.

Mantan Dir Lantas Polda Sumut itu mengajak semua pihak agar tetap melestarikan tali persaudaraan, toleransi dan merawat Kebhinekaan Kota Medan yang beragam dan majemuk.

"Kota Medan yang majemuk merupakan miniatur Indonesia yang harus kita jaga agar tetap aman, nyaman dan kondusif," ucapnya.

Menurut Kombes Valentino, pihaknya juga terus menjaga kondusivitas di Kota Medan dan sekitarnya dari berbagai macam gangguan Kamtibmas. "Mulai dari aksi kejahatan jalanan, geng motor, tawuran dan sebagainya dengan meningkatkan patroli mulai dari pagi, siang, sore dan malam hari," pungkasnya.

Diketahui bahwa rumah berlantai 2 milik Tjong A Fie di Jalan Ahmad Yani di Kesawan dibangun pada tahun 1860 dan selesai tahun 1900. Pedagang Hakka ini juga memiliki banyak tanah perkebunan di Medan.

Namun sejak 2009 sebagian rumah ini dibuka untuk dikunjungi umum. Rumah ini dirancang dengan gaya arsitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco dan menjadi objek wisata bersejarah di Medan.(A14/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com