Kasus Covid-19 Alami Peningkatan, Dinkes Medan Persiapkan Isolasi Terpusat


148 view
Kasus Covid-19 Alami Peningkatan, Dinkes Medan Persiapkan Isolasi Terpusat
Sumber : Freepik
Ilustrasi COVID-19/virus corona 

Medan (SIB)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan kini tengah mempersiapkan Isolasi Terpusat (Isoter) di beberapa titik di Kota Medan.


"Kami sudah siapkan isoter dari awal, memang belum buka berhubung kasus Covid-19 yang mengalami peningkatan belakangan ini," kata Kepala Dinkes Kota Medan dr Taufik Ririansyah, Selasa (22/11).


Ia mengatakan, saat ini pasien Covid-19 masih melakukan isolasi mandiri (Isoman).


"Tapi Kami tetap persiapkan syarat Isoter sehingga kalau tiba-tiba kasus meledak, perintah Satgas Covid-19 dibuka, kami akan buka," jelasnya.


Ia juga menyebutkan bahwa pasien Covid-19 saat ini sesuai pantauannya di rumah sakit-rumah sakit, tingkat keparahannya masih terkontrol.


Sehingga, katanya, masih kondusif dan menunggu intruksi dari Satgas Covid-19 untuk membuka isoter.


"Kemarin ada 22 kasus baru, sebelumnya pernah tembus 70 kasus. Hanya kami lihat di rumah sakit, rata-rata pasien hanya flu, demam dan batuk. Belum ada kehilangan nyawa kecuali yang memiliki komorbit," ujarnya.


Sementara itu, ia mengimbau ke semua fasilitas kesehatan (Faskes) agar menerapkan kembali testing, tracing dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sesuai arahan dari provinsi.


"Masyarakat agar melakukan vaksin Booster. Saya akui akan sulit mengajak masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan kembali karena sempat berada di fase menurunnya angka Covid-19. Kita akan terus berusaha terus melakukan sosialisasi," tuturnya. (SS6/d)





Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com