Kasus TB Cukup Tinggi, Dinkes Medan Gandeng Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi Tuberkulosis


124 view
Kasus TB Cukup Tinggi, Dinkes Medan Gandeng Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi Tuberkulosis
Foto harianSIB.com/Leo Bukit
FOTO BERSAMA: RE Nainggolan foto bersama dengan dr Mardohar Tambunan, dr Eva Oktavia Karolina dan lainnya sembari menyampaikan salam tuberkulosis disela-sela pertemuan rutin Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi TBC Kota Medan di Santika Medan, Kamis (16/9/2021).
Medan (harianSIB.com)

Kasus tuberkulosis (TB) di Kota Medan cukup tinggi dengan perkiraan di tahun 2021 sebanyak 18.963 kasus, namun baru terlapor 13,3% kasus perhari ini.

Oleh sebab itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Medan dr Mardohar Tambunan menyambut baik pertemuan Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi Tuberkulosis Kota Medan dilakukan dengan melibatkan unsur pentahelix yaitu bidang pemerintah, korporasi/swasta, masyarakat/komunitas, akademisi, profesi, dan media.

"Ini yang perlu kita antisipasi, karena tuberkulosis ini terkait dengan paru sehingga ini harus terus kita pantau. Penyebabnya juga bakteri," kata Mardohar kepada wartawan usai membuka pertemuan rutin Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi TBC Kota Medan di Santika Medan, Kamis (16/9).

Menurutnya, penanganan pengobatan tuberkulosis dan rujukannya sudah cukup baik, namun demikian tidak ada salahnya juga pemerintah tetap melibatkan multi sektor untuk menginformasikan kasus TB paru ini di wilayah Medan.

Sebelumnya juga dinas kesehatan sudah memilik kader tuberkulosis di Puskesmas, namun tidak berjalan dengan maksimal karena terkait dengan anggaran. "Rencana saya ke depan akan duduk lagi bersama dengan semua perangkat daerah (camat, lurah, kepling) untuk mengetahui dimana yang tertinggi dan bagaimana mencari cara mengantisipasinya," ungkapnya.

Ia mengatakan tuberkulosis ini merupakan penyakit yang bisa diobati, rentang waktu dari masa penularannya bisa diantisipasi terutama meningkatkan jangkauan, pelacakan dari masalah prilaku hidup dan bersih dan sehat. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com