Pengamat Kebijakan Publik Kristian Silitonga SH

Kepala Daerah Mesti Berani Implementasikan Political Will dan Terobosan Kebijakan


280 view
Kepala Daerah Mesti Berani Implementasikan Political Will dan Terobosan Kebijakan
Foto: Ist/harianSIB.com
Pengamat Kebijakan Publik, Kristian Silitonga SH.

Pematangsiantar (SIB)

Pengamat kebijakan publik Kristian Silitonga SH berpendapat, kepala daerah mesti berani, bila dipercayakan memimpin kabupaten/ kota.

Tak usah ragu mengimplementasikan political will dan terobosan kebijakan, selagi menerapkan peraturan dan regulasi, terkait penggunaan anggaran belanja resmi yang sudah disahkan di APBD.

“Komposisi mata anggaran belanja disusun di APBD termasuk menampung preferensi publik, penjaringan aspirasi masyarakat dibahas mulai tingkat Rakorbang kecamatan sampai tingkat kota/ kabupaten,” kata Kristian Silitonga SH ketika dimintai wartawan SIB komentarnya, Jumat (24/6), terkait masih rendahnya serapan anggaran dari APBD Pemko Pematangsiantar.

Implementasi anggaran belanja pembangunan di APBD kata Kristian Silitonga, sejatinya maksimal diberdayakan untuk kepentingan publik.

Dituntut keberanian seorang kepala daerah selaku pemegang otoritas, menggunakan anggaran biaya pembangunan, asalkan menerapkan peraturan dan regulasi.

Karena itu, diminta jangan terulang serapan anggaran rendah dari APBD di semester pertama, memitigasi SiLPA (sisa lebih penggunaan anggaran) di semester kedua.”Seminggu lagi, sudah memasuki semester kedua,” katanya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com