Transparansi Penggunaan Dana Desa

Kepala Desa Siboras dan Sumbari Dairi Tempel APBDes di Tempat Umum


663 view
Sidikalang (SIB)- Penggunaan dana desa diharapkan transparan. Karena itu Kepala Desa Siboras Kecamatan Silima Pungga-pungga Dairi menempelkan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) di tempat umum dan kantor kepala desa.

"Penempelan ABPDes di tempat umum, sebagai bukti ketransparanan penggunaan dana desa tahun anggaran 2016. Semua warga berhak mengetahui kegiatan tentang penggunaan dana desa," kata Kades Siboras Ardin Siagian, Kamis (16/2) di kantornya.

APBDes ditempelkan di depan pintu kantor kepala desa, warung supaya warga Desa Siboras maupun masyarakat lain mengetahui hal itu. Apalagi, ketransparanan penggunaan dana desa diatur di undang-undang desa.

Kegiatan desa di tempel di tempat umum, tetapi masyarakat tetap mempertanyakan. Ia mengakui masyarakat Desa Siboras tergolong sudah kritis atas pembangunan desa. "Sudah ditempelkan pun APBDes, tetap masih banyak warga yang mempertanyakan. Jumlah dana desa yang diterima tahun 2016  Rp 760 juta," kata Siagian.

Sementara itu, Kades Sumbari Herbet Manurung juga menempelkan APBDes di kantornya. "Kita berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat dengan ketransparanan dalam penggunaan dana desa. Dengan pembangunan tepat sasaran sesuai prioritas pembangunan desa," ucapnya.

Artinya, semua kegiatan yang dibangun oleh desa dapat dimanfaatkan oleh warga desa. Sebagai tujuan dari pada program dana desa oleh pemerintah pusat. Lanjutnya, dengan adanya dana desa, pembangunan di desa tidak harus menunggu dari pemerintah kabupaten, seperti beberapa tahun lalu. "Dulu kepala desa harus melobi-lobi ke Pemkab untuk melaksanakan pembangunan di desanya," ucap Herbet mantan fasilitator PNPM itu.

Warga selalu dilibatkan dalam pembangunan desa. Seperti pembangunan rabat beton, rehab PSAB dan pembukaan jalan. Memang pembukaan jalan tidak seluruhnya dilakukan manual. Tahun ini, pihaknya akan melakukan pemetaan desa, supaya dapat mengetahui potensi-potensi yang ada di desa.(B07/ r)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com