Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Kepala Ombudsman RI Lakukan Kunjungan Kerja ke Pemko Tanjungbalai

Redaksi - Sabtu, 10 Juni 2023 20:28 WIB
263 view
Kepala Ombudsman RI Lakukan Kunjungan Kerja ke Pemko Tanjungbalai
(Foto: Dok/Kominfo)
PAKAIKAN CALOK : Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib memakaikan Calok (topi khas Melayu) kepada Ketua Ombudsman RI Mohammad Najih SH MHum Ph D, Jumat (9/6) di Aula Sutrisno Hadi Kantor Walikota Jalan Jendral Sudirman Km 5.5 Kelurahan Sijambi
Tanjungbalai (SIB)
Berdasarkan amanat Undang Undang No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, Ketua Ombudsman RI bersama Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai, Jumat (9/6) di Aula Sutrisno Hadi Kantor Wali kota Jalan Jenderal Sudirman Km 5.5 Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar.
Kedatangan Ketua Ombudsman RI Mohammad Najih dan Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar disambut dengan pertunjukan seni budaya pencak silat, tari persembahan, juga pemakaian Calok yang merupakan topi khas Melayu dan pemberian cendera mata dan plakat oleh Wali Kota Tanjungbalai kepada Ketua Ombudsman RI.
Dalam sambutannya, Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib berharap dengan adanya kunjungan Ombudsman dapat menambah energi Pemko Tanjungbalai dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat.
"Kedatangan Ombudsman semoga menambah energi bagi Pemko Tanjungbalai dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat, semoga ke depannya Kota Tanjungbalai tidak lagi berada di zona merah tapi sudah melangkah lebih jauh ke zona hijau," ucap Waris.
Waris juga mengatakan, Pemko Tanjungbalai mempunyai komitmen dan tekad yang bulat untuk menjalankan pemerintahan yang bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), hal tersebut dikatakan berdasarkan bukti dengan melaksanakan assesment dalam pengisian jabatan ASN.
Lanjutnya lagi, Waris akan berupaya secara sungguh-sungguh memberikan jaminan layanan kesehatan dan berdasarkan data sampai saat ini 95 persen warga Kota Tanjungbalai sudah terakomodir dalam layanan kesehatan BPJS.
"Beberapa waktu yang lalu juga berdasarkan laporan BPK, Kota Tanjungbalai mengalami peningkatan dan kemajuan yang sangat positif dalam hal pelaporan keuangan dari program - program yang sudah dicanangkan," kata Waris.
Usai sambutan dari Wali Kota Tanjungbalai dilanjutkan dengan bimbingan dan arahan Ketua Ombudsman RI, Mohammad Najih tentang pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik.
"Saya percaya dengan semangat yang dimiliki oleh pak Wali Kota, saya yakin Tanjungbalai akan maju dan membuat terobosan-terobosan baru dalam hal pelayanan publik. Dalam melakukan penilaian dan pengamatan dalam hal pelayanan publik, Ombudsman tidak melihat bagaimana program itu dianggarkan dan dilaksanakan tapi sejauh mana program itu bermanfaat bagi masyarakat," ucap Mohammad Najih.
Usai pengarahan dari Ketua Ombudsman RI dilanjutkan dengan sesi tanya jawab salah satu pertanyaan datang dari Kepala Puskesmas Semula Jadi,yang mempertanyakan tentang perlunya dibuat alur pelayanan atau syarat pelayanan di setiap ruangan.
"Seluruh pelayanan publik harus jelas nama pelayanannya, jangka waktu pelayanannya, biaya pelayanan kalau memang ada biaya di tulis, kalau gratis juga ditulis jangan abu-abu hingga membuat publik yang di layani bingung. Dengan adanya acara ini semoga predikat Kota Tanjungbalai kedepannya menjadi zona hijau," kata Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menjawab pertanyaan Kepala Puskesmas Semula Jadi. (E2/c)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ombudsman RI Lakukan Kajian JPS Bagi Tenaga Kerja Informal di Medan
Pangdam I/BB Kunjungan Kerja di Makorem 023/KS
Tim Ombudsman RI Sumut Cek Kualitas Fungsi Pelayanan Polres Tanah Karo
Ombudsman Sumut Buka Posko Pengaduan Pendaftaran PPDB
Wakapolres Pematangsiantar Hadiri Kunjungan Kerja Danrem 022/PT di Kodim 0207/Simalungun
Tim JAM Intel Kejagung Kunker ke Kejati Sumut
komentar
beritaTerbaru