Ketua DPRD SU: Pastikan Para Siswa Ikuti PTM di Medan Sudah Divaksin


147 view
Ketua DPRD SU: Pastikan Para Siswa Ikuti PTM di Medan Sudah Divaksin
Foto Dok
Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting
Medan (harianSIB.com)

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting berharap Pemko Medan harus memastikan seluruh siswa yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah-sekolah di Medan yang rencananya digelar minggu depan, sudah divaksin untuk menghindari terjadinya kluster baru penularan Covid-19.

"Kita sangat mendukung rencana Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk memberlakukan PTM di sekolah-sekolah di Medan. Tapi yang perlu diutamakan, pastikan siswa/siswi yang akan ikut sudah divaksin, guna menghindari risiko penularan virus corona," ujar Baskami Ginting kepada jurnalis Koran SIB Firdaus Peranginangin, Kamis (7/10/2021), melalui telepon di Medan.

Selain itu, kata politisi PDI Perjuangan Sumut ini, dalam pelaksanaan PTM tersebut, pihak sekolah harus tetap mengawasi secara ketat, agar mematuhi protokol kesehatan yakni menggunakan masker, cuci tangan dan hindari kerumunan antar siswa.

"Tapi yang perlu dikebut saat ini, pelaksanaan vaksinasi terhadap siswa/siswi di Medan, karena menurut Wali Kota baru 50 ribu pelajar yang sudah divaksin. Memang sudah lebih dari 20 persen, tapi kita sangat berharap, seluruh pelajar sudah divaksin," katanya.

Baskami juga menyerukan kepada orang tua siswa maupun seluruh pihak di institusi pendidikan, agar tetap mengajak anak-anaknya mengikuti program vaksinasi, karena dengan cara tersebut satu-satunya upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta kenyamanan dalam pelaksanaan PTM.

"Dengan program vaksinasi, semuanya akan berjalan aman dan lancar, termasuk PTM yang selama ini ditunggu-tunggu para pelajar yang sudah jenuh melakukan belajar daring," ujar Baskami sembari menambahkan, dengan PTM daerah ini bisa melakukan pemulihan proses belajar mengajar yang selama ini sudah tertinggal.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengaku optimis PTM digelar mulai minggu depan sehingga pihaknya meminta sekolah-sekolah menyiapkan sarana-prasarana kamar mandi yang dipakai pelajar nantinya.

Hal ini disampaikan Bobby saat meninjau vaksinasi pelajar di SMPN 40, Kecamatan Medan Helvetia. Bobby berharap dalam pelaksanaan PTM dihindari kerumunan, mengatur jam masuk - keluar siswa dan tidak boleh lebih 10 siswa satu kelas. (*)

Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com