Korem 022/Pantai Timur Peringati Hari Kesaktian Pancasila


155 view
Korem 022/Pantai Timur Peringati Hari Kesaktian Pancasila
Foto: Dok/Penrem 022/Pantai Timur
KESAKTIAN PANCASILA: Kepala Seksi Rencana Korem 022/PT Letkol Kav A R Dalimunthe (kanan) selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 bertempat di Lapangan Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Nagori Estate, Kecamatan Siantar, Sabtu (1/10). 

Pematangsiantar (SIB)


Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief diwakilkan Kepala Seksi Rencana Korem 022/PT Letkol Kav A R Dalimunthe, menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 bertempat di Lapangan Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Nagori Estate, Kecamatan Siantar, Sabtu (1/10).

Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Rencana Korem 022/PT Letkol Kav A R Dalimunthe mengungkapkan, Hari kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tanggal 30 September 1965 melakukan kudeta berdarah, dengan tujuan merebut pemerintahan yang sah dan mengganti ideologi Pancasila dengan komunisme-sosialisme.

Namun kata dia, revolusi berdarah tersebut mengalami kegagalan. Pancasila masih tegak kuat menjadi dasar Negara Republik Indonesia yang merupakan pandangan hidup dan pemersatu bangsa Indonesia. "Pancasila tidak dapat dirubah dengan ideologi apapun, Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang harus ditanam sebagai kepribadian bangsa Indonesia," katanya, seperti dilansir harianSIB.com.

Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara dalam perjalanan telah mengalami berbagai gangguan, cobaan dan rintangan, akan tetapi Pancasila tetap kokoh, hadir melekat dan menyatu dalam kehidupan warga negara Indonesia dan terus diyakini bahwa Pancasila tetap menjadi solusi bagi bangsa Indonesia.

Ia mengharapkan sebagai prajurit Korem 022/PT melalui Hari Kesaktian Pancasila ini, hendaknya dapat menggali kembali makna yang terkandung dalam Pancasila. "Kita minta, setiap prajurit tertanam jiwa Pancasila sehingga menjadi kekuatan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman apapun," pintanya.

Turut hadir dalam pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila tersebut, para Pasi Korem 022/PT, para Dankasatdisjan, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 022/PT dan Disjan. (SS14/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com