LIRA Apresiasi Upaya Bupati Simalungun Tingkatkan PAD


198 view
Foto Dok Jheslin M Girsang
Hotman Petrus Simbolon
Simalungun (harianSIB.com)
Bupati LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Simalungun, Hotman Petrus Simbolon mengatakan, lembaga eksekutif harus proaktif menggali potensi sumber daya untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).
Menurutnya, cukup banyak aset Pemerintah Kabupaten Simalungun yang belum difungsikan. Ketika aset tersebut dimanfaatkan, akan berdampak positif terhadap penambahan PAD.

"PAD menjadi acuan pada pos APBD. Untuk mensinergiskan pemerataan pembangunan maka perlu peningkatan PAD pada tahun-tahun mendatang," kata Hotman di Pamatangraya, Minggu (30/5/2021).

Ia mengaku sudah menyampaikan berbagai terobosan dalam hal upaya peningkatan PAD kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat audiensi, belum lama ini. Gagasan bupati juga diapresiasi.

"LIRA mengapresiasi Bupati Simalungun yang terus berusaha meningkatkan PAD. Kita tahu bahwa Kabupaten Simalungun sangat luas terdiri dari 32 kecamatan sehingga perlu digali sumber-sumber PAD," ujar Hotman.

Ia berpendapat diperlukan ekstensifikasi dan intensifikasi terhadap pajak daerah, retribusi maupun pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan. Sektor pariwisata juga sebagai penyumbang PAD Simalungun terbesar.

"Untuk itu, hendaknya Pemkab Simalungun melalui Dinas Pariwisata terus mencari cara bagaimana pengelolaan objek-objek wisata yang baik dalam mendorong peningkatan pendapatan," imbuhnya.

Di sisi lain, lembaga eksekutif diminta lebih proaktif dalam hal penagihan pajak dan bila perlu menerapkan teknologi informasi sehingga objek pajak yang belum terdaftar dapat terjangkau oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com