Limbah PKS PT SJMS Diduga Cemari Permukaan Air Sungai Besitang Langkat


1.349 view
Limbah PKS PT SJMS Diduga Cemari Permukaan Air Sungai Besitang Langkat
Foto: SIB/Dok Ramlan AZ, warga Besitang
Limbah cair hitam pekat diduga bersumber dari IPAL PKS PT SJMS mewarnai permukaan air Sungai Besitang, Jumat (3/6). 

Besitang (SIB)

Limbah Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Sawit Makmur Jaya Sentosa (SMJS) diduga mencemari lingkungan karena dibuang ke Sungai Besitang, Kecamatan Besitang Kab Langkat.


Limbah cair tersebut kabarnya bersumber dari sejumlah kolam Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di lingkungan PKS PT SMJS yang terletak di Lingkungan VIII Simpang Tiga Kelurahan Bukit Kubu Kecamatan Besitang.


“Limbah PKS yang dibuang ke Sungai Besitang melalui saluran pipa paralon diperkirakan sepanjang 3 kilometer dari lokasi PKS hingga ke Sungai Besitang, itu diduga belum sesuai baku mutu yang dipersyaratkan untuk dialirkan,” ujar Ramlan AZ Jumat (3/6), salah seorang pemerhati lingkungan di Kecamatan Besitang yang ditemui SIB di lokasi PKS PT SMJS.


Dari penampakannya, kata dia, limbah cair itu tampak berwarna hitam pekat larut menghiasi permukaan air Sungai Besitang.


Kondisi air hitam pekat seperti itu mengundang perhatian sejumlah nelayan setempat, termasuk salah seorang Bhabinkamtibmas Polsek Besitang, Bripka Eko Purba yang turun mengambil sampel limbah cair ke sungai tersebut.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com