Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pemutihan Pajak

* Data Kendaraan yang Nunggak PKB akan Dihapus

173 view
Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pemutihan Pajak
Foto SIB/Danres Saragih
DIABADIKAN: Kepala BPPRD Sumut Ahmad Fadli, Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sumut Thamrin Silalahi diabadikan usai Sosialisasi Pelaksanaan Keputusan Gubernur Sumut Nomor : 188.44/647/KPTS/2022 tentang Program Intensifikasi dan Ekstentifikasi Pajak Kendaraan Bermotor/Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman, Medan, Senin (5/9). 

Medan (SIB)

Pemprov Sumut mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun 2022 yang dimulai 6 September hingga 30 November mendatang. Mulai tahun 2023 kebijakan penghapusan kendaraan bermotor yang tidak melakukan regristrasi ulang sekurang-kurangnya dua tahun akan mulai diberlakukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Restribusi Daerah (BPPRD) Sumut Ahmad Fadli pada Konferensi Pers Sosialisasi Pelaksanaan Keputusan Gubernur Sumut Nomor 188.44/637/KPTS/2022. Di Le Polonia Hotel & Convention, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (5/9).

“Pemutihan ini juga dilakukan Pemprov Sumut bersama pihak Polri untuk dapat menjawab sebelum terlaksananya Undang-Undang No 22 tahun 2009 khususnya di Pasal 74 yang akan diberlakukan nantinya di tahun 2023,” ujar Fadli.

Fadli juga mengajak masyarakat untuk segera memanfaatkan berbagai keringanan yang diberikan pada program pemutihan pajak itu. Antara lain berupa pembebasan denda PKB, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ke-II, denda BBNKB ke-II, tunggakan PKB tahun ke-5 dan seterusnya hingga pembebasan denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) untuk tahun yang lewat.

“Inilah pemutihan, inilah kita buka ruang. Datanglah. Regristarasilah kendaraan anda dengan adanya keringanan-keringanan yang kami lakukan. Harapannya di tahun depan kalau regulasi itu (pasal 74 UU 22 tahun 2009) sudah berjalan tidak ada lagi masyarakat khususnya wajib pajak yang dirugikan atas kepemilikan kendaraan bermotornya,” ajaknya.

Sementara itu Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya program pemutihan PKB yang dilakukan di Sumut adalah salah satu upaya dan kesempatan akhir yang diberikan pemerintah agar masyarakat segera menyelesaikan tunggakan pajak kendaraannya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com