Pagar Jembatan Andarasi di Tanahjawa Hancur Diterjang Luapan Sungai


234 view
Pagar Jembatan Andarasi di Tanahjawa Hancur Diterjang Luapan Sungai
(Foto SIB/Revado Marpaung)
Besi pagar Jembatan Andarasi yang berada di lintasan jalan provinsi Siantar-Tanahjawa persisnya di Nagori Parbalogan Kecamatan Tanahjawa Kabupaten Simalungun hancur akibat dihantam luapan sungai sebulan lalu. Foto dipetik, Sabtu (26/1). 
Tanah Jawa (SIB)
Pagar besi jembatan Andarasi di Nagori Parbalogan Kecamatan Tanahjawa, Kabupaten Simalungun rusak parah dan tembok pagarnya pun hancur akibat diterjang air Sungai Andarasi yang meluap beberapa waktu lalu.
Azari salah satu warga Nagori Parbalagon saat berbincang-bincang dengan wartawn SIB, Sabtu (27/1) mengatakan kondisi besi pagar jembatan itu sudah rusak sejak satu bulan lalu akibat luapan Sungai Andarasi yang mencapai permukaan jalan raya.
“Derasnya air sungai waktu itu menghantam besi jembatan dan menjadi patah dan ada yang terbawa arus sungai. Kejadian ini sudah terjadi beberapa kali. Apalagi kalau musim hujan, kekhawatiran kita sangat tinggi, karena sewaktu-waktu jembatan ini akan putus karena selalu dihantam banjir dari Sungai Andarasi,” kata Azari.
Dia mengaku heran, soalnya setiap kali hujan turun seharian, Sungai Andarasi pasti meluap sampai meluber ke badan jalan. Bahkan kalau sampai meluap ke jalan raya, ketinggian banjir mencapai satu meter. Sehingga benar-benar kondisi yang sangat mengkhawatirkan kalau dibiarkan begitu saja.
Dia juga menilai untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang bisa merugikan banyak orang, dinas terkait harus segera mengkaji bagaimana cara untuk mengantisipasinya.
"Kita tidak ingin kejadian serupa terjadi karena kelalaian dan ketidakpedulian dinas terkait melihat kondisi jembatan ini. Apalagi ini jalan provinsi jurusan Siantar-Tanahjawa, ribuan kendaraan melintasi setiap harinya. Sehingga pengendara juga diminta harus ekstra hati-hati saat melintasinya", ungkapnya.(**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com