Pemkab Dairi Usulkan 1.077 Orang Tenaga Honorer Diangkat Jadi PPPK


397 view
Pemkab Dairi Usulkan 1.077 Orang Tenaga Honorer Diangkat Jadi PPPK
Foto Dok
Martua Simarmata
Sidikalang (SIB)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi usulkan 1.077 orang guru honorer di sejumlah sekolah, untuk diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dairi, Dapot Hasudungan Tamba melalui Kepala Bidang Pengadaan Mutasi dan Informasi, Martua Simarmata, Jumat (9/4) di Sidikalang mengatakan, PPPK yang diusulkan khusus tenaga pendidik (guru) yakni guru kelas, guru olahraga dan guru bidang studi mulai tingkat TK, SD dan SMP.

"Usulan baru kita sampaikan. Apakah nanti semua disetujui, tergantung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan)," katanya.

Jika semua usulan direalisasikan, tenaga guru di Dairi sudah terpenuhi. Hal itu bagian dari visi- misi Bupati/Wakil Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu-Jimmy Andrea Lukita Sihombing, pada sektor pendidikan yang merupakan salahsatu pilar utama dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Selain PPPK, tahun 2021 Pemkab Dairi juga mengusulkan formasi calon aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 300 orang, untuk mengisi kekosongan jabatan administrator yang kurang di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Pengusulan CASN itu sudah dilakukan lewat aplikasi e-formasi.

Jumlah pegawai di Dairi masih kurang. Data per 31 Desember 2020, jumlah ASN di Dairi sebanyak 4.858 orang. Kekurangan itu disebabkan, minimnya penerimaan CASN, sementara rata-rata ASN yang pensiun antara 150-200 orang setiap tahun.

"Dua tahun terakhir jumlah ASN pensiun sebanyak 254 orang yaitu tahun 2019 sebanyak 215 orang. Sementara tahun 2020 sebanyak 239 orang," ucapnya. (B3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com