Pemkot Tanjungbalai Berhasil Wujudkan UHC Program JKN


216 view
Pemkot Tanjungbalai Berhasil Wujudkan UHC Program JKN
Foto: Ist/harianSIB.com
Acara Launching UHC Kota Tanjungbalai, di Aula Sutrisno Hadi Lt III Kantor Walikota, Senin (16/1).

Tanjungbalai (SIB)

Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai berhasil mewujudkan capaian Universal Health Coverage (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Dengan capaian UHC, maka lebih dari 95 persen atau 171.585 jiwa masyarakat di Kota Tanjungbalai saat ini dapat menikmati layanan Kesehatan secara gratis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun tingkat lanjut (FKTL) yang bekerja sama dengan BPJS baik di Kota Tanjungbalai ataupun dimana saja di seluruh Indonesia dengan mengikuti ketentuan dan alur jenjang layanan.


Hal ini ditandai dengan digelarnya acara Launching UHC Kota Tanjungbalai, di Aula Sutrisno Hadi Lt III Kantor Walikota, Senin (16/1).


Launching UHC digelar dengan penandatanganan nota kesepakatan rencana kerja antara Pemkot Tanjungbalai dengan BPJS Kesehatan tentang penyelenggaraan program JKN di kota kerang.


Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kisaran dr Lenny Marlina sebagai wujud capaian terjaminnya Kesehatan masyarakat Kota Tanjungbalai.

Waris merasa bersyukur kepesertaan BPJS Kesehatan di Kota Tanjungbalai sudah mencapai UHC yakni 95 persen lebih dari total jumlah penduduk.


Ia kembali menegaskan Pemkot Tanjungbalai siap bersinergi dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kisaran untuk membantu kepesertaan BPJS Kesehatan yang statusnya non aktif atau belum mengakses pelayanan kesehatan.


"Saat ini kota Tanjungbalai telah memiliki 1 RSUD yang terus kami kembangkan agar tidak stagnan, 1 Puskesmas Rawat Inap dan 7 Puskesmas Rawat Jalan serta 13 Pustu yang tersebar di 6 kecamatan.

Ini berarti bahwa tidak hanya dalam jaminan asuransi kesehatan, namun juga dalam penyediaan fasilitas sarana prasarana Kesehatan menjadi tujuan kami Pemkot Tanjungbalai untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat. Karena ini untuk kepentingan masyarakat Tanjungbalai," ucap Waris. (PS/BR05/d)



Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com