Robert Tua Siregar PhD

Pendidikan Tinggi di Indonesia Alami Perubahan Paradigma


116 view
Pendidikan Tinggi di Indonesia Alami Perubahan Paradigma
Foto : Istimewa
Ilustrasi

Pematangsiantar (SIB)

Pemerhati Pembangunan dan Pendidikan Robert Tua Siregar PhD menilai, saat ini pendidikan tinggi Indonesia mengalami perubahan paradigma selama dekade terakhir. Perubahan dimaksud meliputi perubahan pengelolaan, persaingan dan sebagainya.

Hal itu dikatakannya kepada SIB, Selasa (24/1) melalui telepon.

Menurutnya, hal tersebut dipicu adanya perkembangan teknologi informasi, sehingga e-learning, e-university dan sejenisnya sudah banyak dibicarakan dan diusahakan. Begitu juga dengan perubahan pengelola menyangkut badan penyelenggaraan pendidikan tinggi, baik yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta.

Paradigma baru pendidikan tinggi menekankan pentingnya otonomi institusi yang berlandaskan pada akuntabilitas, evaluasi dan akreditasi, bermuara pada tujuan akhir peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Di pihak lain, globalisasi pasar bebas kebutuhan masyarakat dan tuntutan persaingan yang semakin ketat, menuntut komitmen yang tinggi pada penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, untuk menjamin agar pendidikan di suatu perguruan tinggi dapat dipertahankan dan ditingkatkan, sesuai yang direncanakan/dijanjikan.

Perguruan tinggi tidak hanya perlu dilihat sebagai pusat ilmu pengetahuan pusat penelitian dan pusat pengabdian kepada masyarakat, tapi juga suatu entitas korporat penghasil ilmu pengetahuan, yang perlu bersaing untuk menjamin kelangsungan hidup.(D3/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com