Plt Bupati Laporkan ke Pj Gubernur Sumut Soal Pemilu di Labuhanbatu Aman Damai


258 view
Plt Bupati Laporkan ke Pj Gubernur Sumut Soal Pemilu di Labuhanbatu Aman Damai
(Foto: Dok/Diskominfo)
LAPORKAN SITUASI PEMILU: Plt Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar didampingi Kapolres AKBP Bernhard Malau, Kajari Labuhanbatu Furkonsyah Lubis MH dan Kasdim 0209/LB Mayor Inf Hendra Gunawan, melaporkan situasi Pemilu di Kabupaten Labuhanbatu ke Pj Gubernur Sumut, Kapolda dan Pangdam I/BB, Rabu (14/2) sore, di Kantor Bupati Labuhanbatu, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. 
Rantauprapat (SIB)
Pemungutan suara Pemilu calon anggota legislatif dan calon presiden-wakil presiden di Kabupaten Labuhanbatu berlangsung aman.
Proses penghitungan perolehan suara di tempat-tempat pemungutan suara (TPS) yang berlangsung sejak Rabu (14/2) hingga Kamis (15/2) pagi, juga berlangsung aman.
Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus begadang untuk mengirim kotak yang berisi surat suara yang sudah dicoblos pemilih dan perolehan suara, ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan/desa. Selanjutnya, PPS menggeser kotak tersebut ke tingkat Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) untuk kemudian dihitung dan direkap.
"Sekarang perolehan surat suara dan perolehan suara sudah berada di tingkat PPK. Sesuai tahapan, PPK akan mulai melakukan rekapitulasi 17 Februari 2024," kata Ketua KPU Labuhanbatu, Japar Siddik Pohan MSi saat dikonfirmasi, Kamis (15/2).
Sebelumnya, Plt Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar melaporkan kondisi lapangan saat pemungutan suara dan penghitungan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024 kepada Pj Gubernur Sumatera Utara, Kapolda dan Pangdam I/BB. Dia melaporkan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Labuhanbatu aman dan damai.
Dia melaporkan kondisi lapangan saat Pileg dan Pilpres itu ketika mengikuti video conference monitoring perkembangan Pemilu 2024 dengan Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Efendi dan Pangdam I/BB Mayjen Muhammad Hasan Hasibuan, Rabu (14/2) sore, di Kantor Bupati Labuhanbatu, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat.
"Alhamdulillah, sampai saat ini kondisi Pemilu di Labuhanbatu berjalan aman, damai dan kondusif, Pak Gubernur," sebut Plt Bupati didampingi Kapolres Labuhanbatu AKBP Bernhard Malau, Kajari Labuhanbatu Furkonsyah Lubis MH, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Hendra Gunawan, Sekda Hasan Heri Rambe dan para pejabat Pemkab Labuhanbatu.
Ellya Rosa juga menyampaikan, di Kabupaten Labuhanbatu terdapat 1.463 TPS dengan daftar pemilih tetap (DPT) 357.455 orang, yang tersebar di sembilan kecamatan, 23 kelurahan dan 75 desa. "Alhamdulillah, situasi di semua TPS sampai selesai pemungutan suara dalam kondisi tertib dan kondusif," sebutnya.
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin menyampaikan terima-kasih kepada seluruh stake holder, sehingga sejauh ini Pemilu di Sumatera Utara terpantau kondusif walaupun ada catatan-catatan yang perlu diantisipasi.
"Tahapan sekarang masih tahapan penghitungan setelah tahapan pelaksanaan pemungutan suara, dan selanjutnya kemudian tahapan penetapan perolehan suara Semua itu perlu diantisipasi, mulai dari pemilihan presiden sampai DPRD kabupaten. Kepada rekan-rekan bupati, wali kota, mari kita lanjutkan tugas kita, menjaga kondisi daerah tetap semangat untuk keamanan masyarakat," sebutnya. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com