Debat Publik Pilkada Toba 2020

Poltak - Tonny akan Lakukan Perubahan Signifikan, Darwin - Hulman Akui Masih Ada yang Kurang di Lima Tahun


443 view
Internet
Ilustrasi debat publik
Toba (SIB)
Dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Toba tahun 2020 mengikuti debat politik yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toba Samosir di Hotel Grand Mercure Medan, serta ditayangkan melalui salah satu saluran televisi swasta, Senin (30/11). Acara debat diikuti Paslon Ir Poltak Sitorus dan Tonny M Simanjuntak (nomor urut 1) serta pasangan Ir Darwin Siagian dan Hulman Sitorus (nomor urut 2).

Ketua KPU Kabupaten Toba, Hendry Maruddin Pardosi mengatakan, debat publik itu bagian dari tahapan jadwal , termasuk sosialisasi pemilihan. “Melalui debat yang dilakukan ini, pemilih mengetahui profil, visi, misi dan program pasangan calon. Pemilih akan mengetahui informasi menyeluruh dan bahan pertimbangan dalam menentukan pilihannya.

Debat adalah adu gagasan ide, adu kemampuan serta pengetahuan untuk membangun Kabupaten Toba yang kita cintai. Debat hari ini mengangkat tema TOBA NATURE" (Toba na atur, denggan, Uli ), " sebutnya.

Pada debat yang berlangsung kurang lebih dua jam dan terdiri dari 6 segmen ini, calon Bupati Poltak Sitorus didampingi Tonny M Simanjuntak menyampaikan, pihaknya akan menjadikan Kabupaten Toba unggul dan bersinar. Unggul artinya akan lebih baik dari pemimpin - pemimpin Kabupaten Toba sebelumnya dan juga lebih baik dari kabupaten - kabupaten yang ada di sekitarnya.

Paslon yang diusung PDIP, Perindo dan PKPI ini berkomitmen untuk membuat perubahaan yang signifikan. Persoalan yang utama dihadapi Toba sekarang menurutnya, masalah infrastruktur. Jalan dari kota ke desa akan dijadikan mulus 80 persen di bawah kepemimpinannya. Jembatan lengkap, tidak ada lagi desa yang terisolir. Koneksi listrik dan internet hingga desa dan dusun. Sumber daya manusia unggul dan handal. Selain itu pemberian beasiswa, pelayanan rumah sakit yang prima dan terjangkau.

Terkait pertanian, calon Wabup Tonny Simanjuntak menambahkan, selain pertanian yang modren dan kreatif penyediaan bibit unggul dan pengadaan peralatan pertanian, akan bekerjasama dengan lembaga - lembaga penelitian, perguruan tinggi dan Kementerian Pertanian.

Sementara calon Wakil Bupati Hulman Sitorus yang berpasangan dengan calon Bupati Toba Darwin Siagian mengatakan, sepanjang 5 tahun berjalan pada periode pertama kepemimpinannya nyata - nyata berupaya keras menjaga sebuah kehormatan. Paslon petahana itu bangga karena selama memimpin tetap kompak dan harmonis bekerja keras diberbagai sektor.

"Termasuk pertanian seperti komoditas tanaman jagung dan padi. Kita surplus selama 5 tahun terakhir. Kopi perkembangannya di Toba sangat besar. Kita sekarang memiliki kebun pembibitan kopi di Lumbanjulu. Sehingga 4 tahun ke depan Toba bisa menjadi salah satu unggulan dalam produksi kopi, " sebut Hulman.

Hulman mengklaim sudah banyak yang dibangun selain pertanian dan pembangunan infrastruktur jalan serta irigasi. Termasuk pembangunan pelabuhan dan pasar sudah dan sedang dilakukan perbaikan saat ini.

" Listrik - listrik di semua dusun sudah bisa dinikmati masyarakat. Saat ini tinggal 6 dusun yang belum mendapat fasilitas listrik. Sebelumnya ada 75 dusun yang belum memperoleh aliran listrik. Kedepan semua dusun tersebut akan dialiri penerangan listrik, " terangnya.

Calon Bupati dan Wabup Toba yang diusung Golkar, Nasdem, PKB dan Demokrat itu berjanji akan terus bekerja memajukan pembangunan di Kabupaten Toba terutama sektor pariwisata yang berkelas dunia yang didukung pertanian yang kuat.

Jika ada kekurangan diperiode sebelumnya, kata Hulman, pada periode kedua akan bekerja keras dan berkomitmen mengabdi untuk masyarakat Kabupaten Toba agar daerah yang lebih maju dapat dicapai.

Hal yang sama juga disampaikan calon Bupati Toba Darwin Siagian yang mengakui masih ada yang kurang di lima tahun waktu kepemimpinanya.

" Yang pasti pasangan Darwin - Hulman berupaya keras bahwa Toba akan maju kedepannya. Untuk itu kami mengajak masyarakat Toba untuk sama - sama untuk membenahi daerah ini. Kami mengajak segenap masyarakat untuk melanjutkan pembangunan di Toba. Bersama Darwin - Hulman kiranya menjadi Toba 2024 Toba yang maju, " tegasnya.

Tidak lupa, Darwin Siagian juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Toba yang memiliki hak pilih untuk memastikan pada 9 Desember 2020 untuk menggunakan hak pilihnya. Dan pastikan pilih yang terbaik pasangan Darwin Siagian dan Hulman Sitorus calon Bupati dan Wabup Toba nomor urut 2, pungkasnya. (H01/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com