STT HKBP Pematangsiantar Wisuda 127 Sarjana dan Magister

Bupati Simalungun: Jadikan Momen Wisuda Menjadi Tonggak Sejarah Membangun Komitmen Berkarya kepada Nusa dan Bangsa

442 view
STT HKBP Pematangsiantar Wisuda 127 Sarjana dan Magister
Foto: SIB/Ekoinra Siahaan
WISUDA: Ketua STT HKBP Pematangsiantar Pdt Dr Hulman Sinaga saat memindahkan tali toga dari kiri ke kanan dalam acara wisuda 127  Sarjana Teologia (STh), Magister Teologia (MTh) dan Magister Divinity (MDiv) di gedung Menza STT HKBP Jalan Sangnaualuh Kota Pematangsiantar, Kamis (7/10).
Pematangsiantar (SIB)
Sekolah Tinggi Teologia (STT) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pematangsiantar mewisuda 127 orang lulusan, terdiri dari 118 Sarjana Teologia (STh) serta 9 Magister Teologis (MTh) dan Magister Divinity (MDiv) di gedung Menza STT HKBP Jalan Sangnaualuh Kota Pematangsiantar, Kamis (7/10).

Wisuda mengambil tema “Pilihlah Kehidupan Supaya Engkau Hidup (Ulangan 30:19)”. Subtema “Wisudawan-Wisudawati Menghidupi dan Melanjutkan Pelayanan 160 Tahun Eksistensi Gereja di Tanah Batak”. Acara dibuka dengan ibadah oleh Pdt Martonggo Sitinjak dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, pahlawan pendidikan.

Ketua STT HKBP Pematangsiantar Pdt Dr Hulman Sinaga dalam orasi ilmiahnya menyampaikan rasa hormat kepada Pimpinan HKBP sekaligus Ketua Yayasan STT HKBP Pematangsiantar, Ompu i Pdt Dr Robinson Butarbutar yang diwakili Kepala Departemen Koinonia, Pdt Debora Sinaga dan para dosen tenaga pendidik STT HKBP, pengurus ikatan alumni STT HKBP, pimpinan daerah, pimpinan Perguruan Tinggi serta lainnya.

“Dalam rangka 160 tahun HKBP dan wisuda hari ini, civitas akademik STT HKBP patut bersyukur kepada Tuhan yang senantiasa memberkati kini dan ke masa mendatang. Dialah menghidupkan pengharapan kita mengahadapi tantangan, serta memberikan hikmad, untuk terus berkarya memahami proses perjalanan hidup ini,” katanya.

Pdt Hulman menjelaskan, wisuda program studi S1 dan S2 ini, seharusnya dilaksankan tanggal 10 September 2021 sesuai dengan kalender akademik. Namun, karena Kota Pematangsiantar menerapkan PPKM level 4 dan mengikuti saran dari Satgas Covid-19 Kota Pematangsiantar, maka jadwal harus diubah.

Menurut Hulman, "Pilihlah Kehidupan Supaya Engkau Hidup" adalah teks yang menjadi pilihan tepat untuk memaknai peristiwa (wisuda) hari ini. Urgensi semakin dirasakan karena kehidupan manusia dua tahun terakhir, mendapat tantangan berat dan sudah memasuki tahap emergensi akibat pandemi Covid-19.

Disampaikannya, 7 Oktober 2021 HKBP berusia 160 tahun dan STT HKBP sudah berusia 43 tahun pada 12 April 2021 lalu. Dari sudut usia, kata Pdt Hulman, HKBP sebagai pemilik STT HKBP, sudah dewasa dan berpengalaman, namun prestasinya terkesan tidak bertahan, kualitas dan kuantitasnya menurun. "Mengapa? Mari kita jawab dalam hati masing-masing," ujarnya.

Dalam kaitan itu, Hulman menjelaskan, ada satu pertanyaan penting yang didengungkan. “Bagaimana HKBP memilih kehidupan supaya STT HKBP sebagai lembaga pendidikan teologi dapat hidup kini dan nanti, serta memberi kehidupan kepada generasi penerusnya? Kehidupan yang bagaimana menjadi pilihan kita hari ini, untuk mengahadapi beragam tantangan dimasa yang akan datang,” katanya.

Sementara, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH yang turut hadir dalam acara itu dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikan di STT HKBP Pematangsiantar.

"Jadikan momen wisuda ini menjadi tonggak sejarah dalam membangun komitmen untuk dapat berkarya kepada Nusa dan bangsa yang saat ini membutuhkan tenaga generasi muda," tutur RHS di hadapan para wisudawan dan wisudawati. (D8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com