Syukuran HUT ke-80, Gereja Pentakosta Ajak Jemaat Patuh Prokes Covid-19


202 view
Foto: Dok/Gereja Pentakosta
HUT GEREJA PENTAKOSTA : Sekretaris Dewan Per-timbangan Pbs Edwin Siburian SE Ak bersama Ketua Pucuk Pimpinan GP Pdt Ev J Sihombing, Sekjen Pdt J Simanjuntak dan Bendahara Pdm Resbin Siburian, Pbs Hamonangan Sinaga serta St Abel Sirait dalam syukuran HUT ke-80 Gereja Pentakosta di Pematangsiantar, Jumat (12/2) dan dipancarluaskan via virtual.
Pematangsiantar (SIB)
Keluarga Besar Gereja Pentakosta mensyukuri hari ulang tahun (HUT) ke-80 gereja yang dirintis dan didirikan Pdt Ev Lukas Siburian tersebut pada Jumat (12/2). Dipusatkan di kantor pusat Jalan Lingga 24 A Pematangsiantar, perayaan dilakukan hibrid, dengan zoom meeting tersebut diikuti dari seluruh Indonesia dan sejumlah negara serta jemaat dan gereja tersebut.

Sekretaris Dewan Pertimbangan, Pbs Edwin Siburian SE Ak menegaskan tentang komitmen Gereja Pentakosta sejak didirikan, kini dan ke depan. Persoalan yang paling relevan saat ini adalah pandemi Covid-19. “Gereja harus mengambil bagian besar dalam penangan virus yang mematikan tersebut. Minimal, untuk menjaga dan membimbing jemaat agar patuh protokol kesehatan (prokes) sebagai modal awal,” ujar ekonom dan pekerja sosial tersebut.

Kegiatan di Pematangsiantar dibatasi tak lebih dari 50 peserta. Terlihat di gereja tersebut Pucuk Pimpinan GP Pdt Ev J Sihombing, Sekjen Pdt J Simanjuntak dan Bendahara Pdm Resbin Siburian, Pbs Hamonangan Sinaga yang juga Sekretaris DPC GAMKI Deliserdang dan St Abel Sirait.

Pdt Ev J Sihombing mengatakan, dalam perjalanan panjang, Gereja Pentakosta harus semakin kuat baik iman dan mampu mengalahkan persoalan duniawi.

Ia menegaskan, di era pandemi, kerinduan jemaat untuk kebaktian di gereja semakin kuat dan tinggi tapi pihaknya tetap berpegang pada prokes yang dianjurkan. “Saatnya gembala jemaat Gereja Pentakosta meneguhkan bahwa hati harus teguh yakin bahwa Tuhan Yesus ada di hati,” tegasnya.

Dari Jakarta, Ketua Dewan Pertimbangan Pbs R D Siburian SE mengulas perjalanan Gereja Pentakosta mulai didirikan Pdt Ev Lukas Siburian yang meninggalkan jabatan strategis di perusahaan minyak asing demi mengembala. Kemudian merintis ke pelosok Indonesia. Berkembang ke penjuru dunia. “Ke depan Gereja Pentakosta harus semakin berkembang dan memberi manfaat, rohani dan jasmani pada jemaat,” ujarnya via virtual.

Ia mengurai, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia menyerahkan Sertifikat Merek pada Gereja Pentakosta (GP) Jalan Lingga No 24 A Pematangsiantar. “Artinya, legalitas formal dan pengakuan dari pemerintah untuk Gereja Pentakosta telah bulat dan baku. Ke depan, demi terus berkembangnya Gereja Pentakosta, menyesuaikan dengan perkembangan global,” tegasnya.

Dalam kaitan keIndonesiaan, lanjut Pbs RD Siburian, pemerintah sedang fokus mengatasi Covid-19 dengan meningkatkan kesehatan warganya. “Seluruh elemen Gereja Pentakosta wajib mendukung langkah tersebut,” tegasnya sambil menceritakan kegiatan HUT yang mengadopsi teknologi pun satu cara memberi dukungan dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Acara diisi dengan syukuran dan ramah tamah serta jamuan kasih. Pemotongan tart khusus dilakukan Pdt Ev J Sihombing dan Pdt J Simanjuntak serta Pbs Edwin Siburian. (Rel/R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com