TNI AL Gelar Latihan Armada Jaya, Keterbatasan Alutsista Mengasah Kemampuan Bertindak


159 view
TNI AL Gelar Latihan Armada Jaya, Keterbatasan Alutsista Mengasah Kemampuan Bertindak
(Foto : Dok/Dispen Koarmada I)
Video Conference : Kasal Laksamana TNI Yudo Margono membuka Latihan Armada Jaya 39 Tahun 2021 melalui video conference, Senin (14/6/2021).
Belawan (harianSIB.com)
Keterbatasan sarana dan prasarana serta alat utama sistem senjata (alutsista) yang dimiliki TNI AL bukan menjadi penghalang bagi profesionalisme prajurit matra laut. Tetapi diharapkan menjadi motivasi dalam mengasah kemampuan berfikir dan bertindak secara taktis dan strategis.

Hal tersebut dikatakan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksda Abdul Rasyid selaku Pangkogasgabif kepada jajaran yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib) dan Komando Tugas Gabungan Pertahanan Pantai (Kogasgabhantai), usai mengkuti video conference pembukaan Latihan Armada Jaya 39 Tahun 2021, di Gedung OB Syaaf Mako Koarmada I Jakarta Pusat, dipimpin Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang terpusat di Mabesal, Senin (14/6/2021), sebagaimana dilaporkan jurnalis Koran SIB Pally S.

Lebih lanjut dikatakannya,seluruh unsur Kogasgabfib dan Kogasgabhantai diperintahkan untuk tidak memandang latihan sebagai rutinitas tahunan, namun ikut berperan aktif guna menyempurnakan doktrin peperangan laut yang ada saat ini.

Dijelaskan, latihan Armada Jaya merupakan latihan puncak TNI AL untuk menguji kemampuan komponen SSAT (KRI, Pesawat Udara, Marinir dan Pangkalan) dalam penyelenggaraan operasi gabungan.

Latihan Armada Jaya 39 Tahun 2021 yang tergabung dalam unsur Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasbagratmin, Kogasgabhantai akan melaksanakan operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi pendaratan, administrasi dan operasi pertahanan pantai dengan didukung operasi dukungan teritorial, informasi, kesehatan dan operasi dukungan pasukan khusus dalam rangka mendukung kampanye militer Komando Gabungan (Kogab) TNI.

Pada Latihan Armada Jaya 39, akan dilakukan manuver lapangan (manlap) melibatkan alutsista TNI AL terdiri dari kapal perang, tank marinir, pesawat udara dan persenjataan.

Disebutkan Latihan Armada Jaya yang dilaksanakan kurang lebuh selama satu bulan untuk melatih dan meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut serta menguji doktrin operasi gabungan yang diaplikasikan dalam perencanaan Operasi Gabungan TNI dan kampanye militer, serta mengukur kesiapan operasi alutsista TNI AL.(*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com