Sabtu, 20 Juli 2024

Edy Rahmayadi Apresiasi Perayaan Waisak Umat Budha Sumut di Candi Bahal

Redaksi - Selasa, 30 Mei 2023 17:30 WIB
168 view
Edy Rahmayadi Apresiasi Perayaan Waisak Umat Budha Sumut di Candi Bahal
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
AUDIENSI: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi foto bersama usai menerima audiensi Pengurus Perwakilan Umat Buddha Indonesia Sumut dan Permabudhi Sumut di ruang kerja lantai 10 Gedung Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Senin (29/5). 
Medan (SIB)
Guburnur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi kegiatan Perayaan Waisak Bersama Umat Budha Sumut yang akan dilaksanakan di Candi Bahal Padanglawas Utara (Paluta) pada 4 Juni 2023. Itu merupkan bentuk pelestarian budaya yang harus dijaga.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat menerima audiensi pengurus Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Sumut di Lantai 10, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Senin (29/5).

"Ini kegiatan yang bagus dan perlu ditingkatkan seterusnya. Bangsa kita sudah sepakat bahwa warisan budaya harus terus dijaga dan dilestarikan," ucapnya.

Hadir Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar, Ketua Permabudhi Sumut Wong Chun Sen, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumut Ardan Noor serta para pengurus Walubi dan Permabudhi Sumut.

Edy Rahmayadi mengatakan di Indonesia memiliki ribuan ragam budaya, termasuk di Sumut ada budaya dari etnis Tionghoa yang harus dijaga dan dihormati. Semua budaya harus saling menghargai dengan budaya lain. "Saya ucapkan terima kasih, karena sudah berupaya untuk membangkitkan kembali budaya yang ada di Sumut. Dan saya usahakan akan hadir pada perayaan tersebut," katanya.

Sementara Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar mewakili umat Budha Sumut menyampaikan, bahwa kegiatan perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal itu untuk pertama kalinya dilaksanakan di Sumut.

"Kegiatan ini baru pertama diadakan di Sumut. Kami adakan di Candi Bahal karena ingin mengangkat situs budaya yang ada di sana. Ke depan kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan," ucapnya.

Brilian menyampaikan bahwa kegiatan itu nantinya akan dihadiri 2.000 orang umat Budha, baik dari Sumut dan juga dari provinsi lainnya. Menurutnya kegiatan itu juga untuk mempromosikan objek wisata Candi Bahal. (A8/d)






Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketua Rembuk Pemuda Sumut: Demokrasi Terjaga dengan Lebih dari Satu Paslon
Lawan Bobby di Pilgub 2024, PDIP Sumut Ajukan Edy Rahmayadi dan Nikson Nababan
Siap Bertarung di Pilgub Sumut, Nikson Nababan: Soal Nama Besar Bukan Hambatan
PDIP Sumut Lakukan Fit and Proper Test, Edy Optimis Dapat Dukungan
Bincang IKAL Sumut, Kontribusi Provinsi Sumut untuk APBN Cukup Besar
PAN Beri Surat Tugas pada Bobby Nasution Untuk Pilgubsu 2024
komentar
beritaTerbaru