RS Adam Malik Penyelenggara Magang Lulusan Poltekkes Kemenkes RI


227 view
RS Adam Malik Penyelenggara Magang Lulusan Poltekkes Kemenkes RI
(Foto Dok/Humas RSUP H Adam Malik)
FOTO BERSAMA: Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri MKed (PD) SpPD-KKV SpJP (K) foto bersama dengan Direktur Poltekkes Aceh dan Direktur Poltekkes Medan usai penandatanganan MoU antara rumah sakit vertikal dengan Poltekkes Kemenkes RI difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI telah dilaksanakan di Batam, Kamis (12/10/2023). 
Medan (harianSIB.com)
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik dipercaya sebagai salah satu rumah sakit vertikal penyelenggara program magang bagi setiap lulusan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) RI.
Program ini diikat dalam bentuk kerja sama, di mana penandatanganan MoU antara rumah sakit vertikal dengan Poltekkes Kemenkes RI difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI telah dilaksanakan di Batam, Kamis (12/10/2023).
Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri MKed (PD) SpPD-KKV SpJP (K) menyampaikan bahwa kerja sama ini menjadi salah satu bentuk dukungan RS Adam Malik sebagai rumah sakit vertikal Kemenkes RI dalam sinergisme Poltekkes Kemenkes RI dengan fasilitas pelayanan kesehatan untuk mewujudkan tenaga kesehatan yang kompeten dan unggul di Indonesia.
“RS Adam Malik sebagai rumah sakit yang berfungsi menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, juga berfungsi sebagai tempat menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan dalam bidang kesehatan,” katanya di sela-sela kegiatan penandatanganan MoU dalam Pertemuan Koordinasi Nasional Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI itu.
Melalui program magang ini, maka setiap lulusan Poltekkes Kemenkes RI akan mendapatkan kesempatan untuk menambah wawasan dan pengalaman praktis melalui kegiatan riil di lingkungan rumah sakit vertikal. Dengan demikian, para tenaga kesehatan yang baru lulus itu diharapkan dapat memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya di masa mendatang.
RS Adam Malik sendiri akan menjadi penyelenggara program magang bagi lulusan dari Poltekkes Kemenkes Aceh dan Poltekkes Kemenkes Medan. Setiap lulusan nantinya akan mendapatkan kesempatan magang selama satu tahun di RS Adam Malik, dan kemudian akan menerima sertifikat jika dinyatakan memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh satu-satunya rumah sakit kelas A di Sumut tersebut.
Sementara itu, dalam Pertemuan Koordinasi Nasional Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan tersebut, dr Zainal juga berkesempatan menyampaikan presentasi terkait dengan implementasi magang lulusan Poltekkes Kemenkes di Rumah Sakit Vertikal, dalam hal ini khususnya di RS Adam Malik.
Presentasi tersebut disampaikan di hadapan para Direktur Poltekkes dan Direktur Rumah Sakit Vertikal di lingkungan Kemenkes RI. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com