Semarak Taptu, Gubernur Harapkan Taptu jadi Pengingat Jasa Pejuang Kemerdekaan


194 view
Semarak Taptu, Gubernur Harapkan Taptu jadi Pengingat Jasa Pejuang Kemerdekaan
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
APEL: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beserta Forkopimda Provinsi Sumut mengikuti Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka HUT RI ke-78 di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (17/8) dini hari. Kepala Kepolisian Daerah Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bertindak sebagai Inspekur Upacara. 
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut mengikuti upacara Taptu. Taptu merupakan tradisi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia.
Menurut Edy taptu merupakan pengingat bagi generasi saat ini mengenai pejuang kemerdekaan. "Saya harap, taptu ini menjadi pengingat bagi kita, pengorbanan para pejuang kemerdekaan yang memerdekakan tanah air kita," kata Edy usai mengikuti upacara Taptu di depan Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (16/8) malam.
Edy berharap rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT RI dapat menjadi motivasi bagi generasi saat ini untuk melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa. Tentunya dengan tugas dan peran masing-masing.
"Sebagai generasi penerus, tugas kita adalah melanjutkan apa yang sudah dilakukan para pendahulu kita, di masa kemerdekaan ini, tugas kitalah mengisinya, mari kita laksanakan peran kita masing masing dalam mengisi kemerdekaan ini," ujarnya.
Kali ini upacara dipimpin Pangdam I/Bukit Barisan Achmad Daniel Chardin. Sebelum dimulai Chardin menyulut api dari obor pada perwakilan peserta.
Peserta Taptu diikuti oleh TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara hingga pelajar. Adapun rute yang dilalui para peserta taptu dimulai dari Jalan Diponegoro depan Kantor Gubernur dan berkahir di Taman Makam Pahlawan di Jalan Sisingamangaraja Medan.
Tampak warga yang antusias di sepanjang rute pawai obor tersebut. Seperti Muhammad Rudi warga Medan Denai yang menyempatkan diri bersama anak-anaknya menyaksikan pawai obor tersebut. Menurutnya, taptu merupakan tradisi yang tidak boleh ditinggalkan dalam memyambut HUT RI.
"Taptu ini dari tahun ke tahun pasti ada, makanya saya bawa anak saya melihat taptu ini, sekalian mengenalkan kemeriahan HUT RI sama anak-anak," katanya.
Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut Agung Setya Imam Effendi, unsur Forkopimda Sumut lain, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho dan OPD Pemprov Sumut.
Di tmp
Gubernur mengharapkan semangat mengisi kemerdekaan masyarakat semakin tinggi, setiap peringatan hari kemerdekaan. Sehingga setiap memperingati kemerdekaan, Sumut terus membaik.
Mengenang para pahlawan, menurut Edy, merupakan salah satu cara meningkatkan rasa kebangsaan. Sehingga sebagai generasi penerus mampu mengisi kemerdekaan sesuai cita-cita para pahlawan.
"Tugas pada pahlawan memerdekakan kita dari penjajah dan tugas kita mengisi kemerdekaan tersebut didasari rasa kebangsaan, karena itu setiap tahun kita memperingati hari kemerdekaan," kata Edy Rahmayadi usai Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barusan, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Kamis (17/8) dinihari.
"Renungan suci juga mengingatkan kita agar terus mendoakan mereka-mereka yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya agar generasi berikutnya hidup lebih baik, sepatutnya kita terus mendoakan mereka," katanya.
Upacara berlangsung khidmat di mana Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi sebagai Inspektur Upacara.
Selain itu Apel Kehormatan dan Renungan Suci itu juga diikuti Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dan Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution. Hadir juga OPD Pemprov Sumut serta peserta upacara dari TNI, Polri serta ASN. (A8/r)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com