Wabendum DPP GAMKI Suryani Paskah Naiborhu Desak Gubernur Sumut Tingkatkan Anggaran Umat Kristen-Katolik


497 view
Wabendum DPP GAMKI Suryani Paskah Naiborhu Desak Gubernur Sumut Tingkatkan Anggaran Umat Kristen-Katolik
Foto: Dok/Suryani
Wabendum DPP GAMKI, Suryani Paskah Naiborhu.

Medan (harianSIB.com)


Wakil Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Wabendum DPP GAMKI), Suryani Paskah Naiborhu, mendesak Gubernur Sumatra Utara dapat meningkatkan anggaran pembinaan umat untuk pemeluk agama Kristen dan Katolik pada tahun ini. Peningkatan anggaran tersebut dilakukan melalui alokasi dana pembinaan umat untuk Agama Kristen dan Katolik yang ditampung dalam APBD Sumut.


Suryani mengatakan, dana pembinaan umat tersebut digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan yang berkaitan dengan agama Kristen dan Katolik.


"Di antaranya seperti untuk mendukung kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), pelaksanaan Natal bersama, Paskah bersama, perbaikan tempat-tempat ibadah umat Kristen dan Katolik, serta lainnya," ujar Suryani dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).


Lebih lanjut dikatakan, pada 2019, Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprov Sumut) mengalokasikan dana pembinaan umat untuk agama Kristen dan Katolik sebesar Rp 1 miliar dalam APBD. Kemudian pada tahun berikutnya, dana yang dialokasikan meningkat menjadi Rp 2 miliar. Begitu juga dengan tahun berikutnya lagi.


Suryani mengatakan, Pemprov Sumut memiliki tugas penting untuk mendukung dan membina berbagai kegiatan keberagamaan di Sumut. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dengan mengalokasikan anggaran dalam APBD bagi masing-masing agama yang ada, termasuk untuk agama Kristen dan Katolik.

Penulis
: Donna Hutagalung/Rel
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com