Wabup Deliserdang Minta Semua Komponen Masyarakat Lakukan Upaya Penurunan Stunting


112 view
Wabup Deliserdang Minta Semua Komponen Masyarakat Lakukan Upaya Penurunan Stunting
Foto: Ist

Lubukpakam (SIB)

Pencegahan stunting menjadi prioritas nasional dan setiap tingkat pemerintahan dalam menyusun rencana dan anggaran pembangunan nasional maupun daerah.

"Sejalan dengan ini Pemkab Deliserdang selaku Tim Percepatan Penurunan Stunting memiliki tanggung jawab untuk mengordinasikan, menyinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor di lingkup pemerintah dan non pemerintah," kata Wabup Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar saat membuka Forum Kordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Batangkuis, Selasa (16/5).

Wabup yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Deliserdang meminta kepada semua komponen pemerintahan untuk lebih maksimal dalam konvergensi percepatan penurunan stunting dan mengajak non pemerintah ikut serta dalam hal serupa.

Penurunan angka stunting, tegas Wabup, harus tetap menjadi prioritas sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi pembangunan Deli Serdang, dengan melaksanakan konvergensi dan integrasi yang melibatkan lintas sektor di lingkup pemerintah dan non pemerintah.

Sementara itu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Utara Muhammad Irzal mengatakan sesuai arahan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin pada Rapat Koordinasi Program Nasional Tahun 2022, konvergensi lintas sektor bukan hanya wacana, melainkan harus bisa terlaksana. Kedua, realisasi konvergensi membutuhkan komitmen, kerja keras dan kesedian para pihak. Dan ketiga, program kegiatan dan anggaran diharapkan agar saling melengkapi.

Oleh karena itu, kepada kementerian dan lembaga yang secara struktural mempunyai kader di lapangan, para gubernur, wali kota, bupati, camat, lurah dan kepala desa untuk menguatkan pengorganisasian para pegiat di lapangan, meningkatkan kapasitas dan memberikan dukungan bagi pelaksanaan tugas masing-masing. (C2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com