5 Tahun Ambruk, Ruangan SD di Desa Cinta Damai Hasang Nassau Belum Diperbaiki


120 view
Foto SIB/Eduwart MT Sinaga
RUSAK: Gedung Sekolah Dasar di Desa Cinta Damai Hasang Kecamatan Nassau Kabupaten Toba yang kondisinya rusak, Selasa (6/4).
Toba (SIB)
Tiga ruangan kelas Sekolah Dasar (SD) di Desa Cinta Damai Hasang, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba ambruk. Kondisi ini sudah berlangsung lama. Tetapi hingga kini, Pemerintah Kabupaten Toba belum juga memperbaikinya.

Kepala Desa Cinta Damai Hasang Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Purba Nababan kepada wartawan, Selasa (6/4) menyampaikan 3 ruangan yang ambruk ini sudah berlangsung 5 tahun.

" Ruangan yang bisa digunakan saat ini hanya empat saja. Sehingga kelas V dan VI sudah pindah ke SD induk yaitu SD Negeri 173623 Sipange. Jaraknya kurang lebih 3 kilometer dari tempat kita ini,” terangnya.

Selain adanya permintaan perbaikan gedung yang ambruk, harapannya agar sekolah dasar tersebut dijadikan sebagai sekolah baru, bukan sebagai cabang dari SD nomor 173623.

" Harapan kami, agar sekolah ini bisa menjadi sekolah dasar baru dengan nomenklatur sendiri. Bukan sekolah dasar cabang SD nomor 173623. Karena hal itu juga sudah kita sampaikan di berbagai kesempatan dan kepada sejumlah pihak," sebutnya.

Terkait kondisi bangunan gedung sekolah ini lanjutnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Toba beberapa tahun lalu telah turun ke lokasi. Tetapi hingga saat ini, belum ada perbaikan gedung tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Toba, Drs Parlinggoman Panjaitan yang ditanya SIB melalui selulernya, Rabu (7/4) menyebutkan, kendala perbaikan ruang kelas yang ambruk ini disebabkan adanya refocusing anggaran akibat bencana non alam pandemi Covid - 19 pada tahun 2020 yang lalu.

Demikian halnya untuk tahun ini, ada juga refocusing anggaran. "Mungkin nanti kita akan anggarkan perbaikannya pada Perubahan APBD, " pungkasnya. (G1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com