Cara Mengatasi Laptop Lemot Selama Bekerja di


213 view
dok. Unsplash.com/J. Kelly Brito/@hellokellybrito
Ilustrasi laptop.
SELAMA pandemi belum selesai, karyawan diimbau untuk tetap bekerja di rumah. Dengan begitu, penularan virus Covid-19 bisa dicegah dengan baik. Agar optimal, bekerja di rumah memerlukan piranti untuk bekerja, laptop misalnya.

Yap, laptop merupakan sarana untuk bekerja semakin mudah. Mulai untuk meeting sampai mengirimkan file perusahaan. Namun, dengan pekerjaan selama di rumah, terkadang laptop lemot tanpa sebab. Bagi mereka yang tidak mengerti, tentu hal itu bakal menganggu pekerjaan.

Uninstall Aplikasi yang tidak penting
Kecenderungan seseorang saat memiliki laptop kerap memiliki berbagai aplikasi. Padahal hal itu tidak dibutuhkan. Selain itu, hal tersebut menjadikan laptop lemot. Pasalnya, aplikasi tersebut ‘memakan’ memori laptop dan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan membuat sistem akan menjadi lama membaca harddisk.

Maka dari itu, mulai sekarang pilih aplikasi yang tidak terlalu penting lalu uninstall. Ingat, anda cukup menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan.

Gunakan Antivirus
Beberapa orang mungkin kurang setuju dengan menggunakan Antivirus untuk mengatasi laptop lemot. Padahal, menggunakan Antivirus mampu menyaring virus yang ada pada laptop anda dan menghapusnya. Virus yang ada pada laptop mampu membuat performa laptop menurun cenderung lemot.

Bersihkan Desktop
Sebagai shortcut, banyak orang menaruh aplikasi di bagian desktop. Memang hal itu mempermudah untuk mencari aplikasi yang dibutuhkan. Tetapi, hal itu juga bisa menjadi penyebab laptop lemot.

Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan, karena ini akan menjadi penyebab laptop lemot. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

Tambah Kapasitas RAM
Hal yang paling mujarab agar laptop tidak lemot ialah menambah kapasitas RAM. Namun, anda harus mengetahui spesifikasi RAM dan kapasitas RAM yang mampu dioperasikan pada laptop.

Namun, untuk membeli RAM mungkin harus menunggu usai PSBB selesai. Tetapi hal itu tidak masalah, anda tetap bisa mencari RAM yang sesuai dengan laptop anda di marketplace terpercaya.

Dengan belanja online, anda hanya perlu memilih RAM melalui gadget anda dan tidak perlu pergi ke toko komputer. Mudahkan?

Selain itu, anda juga bisa mencari kebutuhan lainnya di marketplace tersebut. sebut saja perabotan rumah tangga, hobi sampai perlengkapan kendaraan. Lebih nyaman dan aman bukan? (Lip6.com/a)