Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Sanggam Hutapea: Event Internasional di Danau Toba Harus Berdampak Jangka Panjang

Redaksi - Kamis, 09 Maret 2023 13:41 WIB
404 view
Sanggam Hutapea: Event Internasional di Danau Toba Harus Berdampak Jangka Panjang
Foto Dok/Humas
Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea 
Jakarta (harianSIB.com)

Perhelatan internasional F1 Powerboat di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 telah berakhir. Pelaksanaannya boleh dikatakan sukses.

Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea mengatakan perhelatan internasional F1Powerboat di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 harus dijadikan sebagai salah satu event pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Apa lagi Danau Toba yang akan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun.

Artinya, tahun depan diharapkan pelaksanaan F1Powerboat di Danau Toba ditingkatkan dan dipromosikan secara luas sejak dini untuk memperkenalkan destinasi wisata Indonesia dan menaikan citra positif Danau Toba di mata dunia.
"Kita ingin Danau Toba yang akan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun ke depan atau hingga 2027 dijadikan konsep berwisata yang dapat memberikan dampak jangka panjang," kata Sanggam Hutapea.

Pada sisi lain Sanggam Hutapea mengingatkan keberhasilan event yang dilaksanakan di kawasan Danau Toba, patokannya bukan pada saat banyaknya orang datang menyaksikan event itu, tetapi efek dari event itu dapat dirasakan beberapa tahun kemudian, dimana para wisatawan datang kembali bersama teman-temannya ke Danau Toba.

"Jadi,jangan hanya berpikir bahwa wisatawan banyak datang ke Danau Toba saat penyelenggaran event saja. Tetapi event itu harus dilihat sebagai bagian dari promosi yang efeknya di dapat beberapa tahun ke depan, yang ditandai kedatangan kembali wisatawan ke Danau Toba, walaupun tidak ada event yang sama," ujar Sanggam Hutapea.

Menurut Sanggam sukses menyelenggarakan F1 Powerboat di Danau Toba jangan menjadikan eforia, sebab harus diakui masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki tahun seperti sarana prasarana, konektivitas.[br]


Apa lagi sasaran utama untuk menduniakan pariwisata Danau Toba melalui penyelenggaraan kegiatan olahraga atau sport event berkelas dunia harus dimaknai sebagai bagian dari promosi. " Karena itu kesuksesan peyelenggaraan mengatakan F1 Powerboat yang lalu, sejatinya bukan diukur sekarang tetapi harus dilihat dari marketingnya ke depan," katanya.

Sanggam Hutapea menyarankan, ke depan penyelenggaran event berkelas dunia di kawasan Danau Toba, harus dikemas menjadi satu kesatuan yang utuh dan melibatkan seluruh kepala daerah, para pelaku pariwisata, serta elemen masyarakat.

Artinya dimana pun event penyelenggaraan berkelas dunia di kawasan Danau Toba, apakah itu di Balige, di Parapat, atau di Samosir, semua wilayah di kawasan Danau Toba harus mendapatkan manfaatnya.

Sanggam mencontohkan, pariwisata Bali yang dijual secara menyeluruh dan melibatkan masyarakat. "Misalnya, kita ke Bali, saat kita di pantai Kuta,masyarakat Bali yang tinggal di Kuta, selalu menawarkan agar kita pergi ke spot wisata lainnya, seperti ke Ubud yang terkenal sebagai pusat tarian dan kerajinan tradisional, pada sudah beda kabupaten," ujarnya mencontohkan.

" Untuk menjadikan Danau Toba wisata kelas dunia maka kita harus menjual kawasan Danau Toba secara menyeluruh, dan masyarakat harus diedukasi untuk menjual seluruh spot wisata yang ada di Danau Toba dan jangan ada ego ke daerah lagi," imbuhnya.

Sanggam menyarankan agar juga disusun satu narasi lengkap tentang asal muasal terjadi Danau Toba dari letusan salah satu gunung api terbesar di dunia yang dirangkum dengan kekayaan alam dan budaya.[br]

Sanggam berharap pada penyelenggaraan berkelas dunia di kawasan Danau Toba sudah seharusnya disungguhkan atraksi atraksi budaya dari masing-masing wilayahsehingga wisatawan mengetahui bahwa di kawasan Danau Toba ada budaya Batak Toba, Karo, Simalungun dan Pakpak (Dairi).

" Dengan demikian seluruh elemen masyarakat yang menghuni pinggiran kawasan Danau Toba merasa terlibatkan, " tukas Sanggam Hutapea.(J1)




Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pelindo Serahkan Bantuan Kapal Pengangkut dan Mesin Penghancur Eceng Gondok di Samosir
Pemkab Samosir Gelar Festival Solu Bolon 2024
DPRD SU Prihatin Jalan Provinsi Menuju Objek Wisata Danau Toba Tigaras Simalungun Hancur-lebur
Jalan Provinsi Menuju Danau Toba Tigaras Hancur Lebur
Breaking News: Presdir PT HDTI Johny Pardede Meninggal Dunia di Jakarta
Lari Lintas Alam “Trail of The Kings” di Danau Toba Diikuti Pelari dari 12 Negara Sukses
komentar
beritaTerbaru