Senin, 15 Juli 2024

Polri-BSSN Koordinasi Selidiki Penyebab Gangguan Pusat Data Nasional

Imigrasi Tambah Personel di Tiga Bandara
Redaksi - Minggu, 23 Juni 2024 10:25 WIB
273 view
Polri-BSSN Koordinasi Selidiki Penyebab Gangguan Pusat Data Nasional
Foto: dok. Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Jakarta (SIB)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Polri akan melakukan asesmen guna menemukan dan mendalami penyebab gangguan server pusat tersebut.


"Saya kira terkait dengan hal-hal yang bersifat serangan siber, kita kerja sama dengan BSSN untuk melakukan semacam asesmen, riset," kata Sigit di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6), dikutip dari Harian SIB.


Sigit memastikan, jika ditemukan tindak pidana dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis, 20 Juni 2024, itu, kepolisian akan memprosesnya.

Baca Juga:

"Nanti, apabila ditemukan (tindak pidana), maka kemudian peristiwa pidana diproses oleh kepolisian. Ini sudah biasa kita melaksanakan join dengan teman-teman yang membidangi siber," ujarnya.


Kementerian Kominfo mengatakan Pusat Data Nasional yang digunakan bersama kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah merupakan Pusat Data Nasional Sementara. Ini adalah PDN Sementara yang berbasis cloud.

Baca Juga:

Penyediaan Pusat Data Nasional Sementara merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Lewat Pusat Data Nasional Sementara diharapkan proses migrasi data center dari instansi pemerintah sudah bisa berjalan secara bertahap.


Layanan Imigrasi Terdampak
Sebelumnya, Ditjen Imigrasi menyampaikan turut terdampak gangguan kesisteman pada PDN. Gangguan itu mengakibatkan layanan keimigrasian terganggu.


Informasi itu disampaikan oleh akun Instagram Ditjen Imigrasi, seperti dilihat, Kamis (20/6). Dalam unggahannya, Ditjen Imigrasi menjelaskan soal gangguan tersebut.


"Sahabat Mido, saat ini sedang terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) sehingga berdampak pada seluruh layanan keimigrasian," ucap Ditjen Imigrasi.


Ditjen Imigrasi menyebut gangguan tidak hanya pada layanan keimigrasian, tapi juga kepada layanan seluruh instansi pemerintah.


Masih Diperbaiki
Terkait gangguan yang terjadi Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyebut pemerintah tengah melakukan pemulihan layanan secara bertahap.


"Iya, itu masih, itu memang sangat teknis. masih terus diperbaiki dan didalami," kata Hadi kepada wartawan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan.


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bea Cukai Kualanamu Musnahkan Hasil Tegahan Rp88 Juta Barang Impor
Sempat Dinyatakan Hilang, Ternyata Ketua DPRD Rembang Ditahan Otoritas Arab Saudi
Kantor Imigrasi Sibolga “Lahirkan” Kanim Kelas III Non TPI Madina dan Kanim Kelas III TPI Nias
Kanwil Kemenkumham Sumut Persiapkan Dua Kanim Baru
Drama Serangan Ransomware PDN Berakhir, Brain Cipher Bagikan Kunci Pembuka Data
Peretasan di Pusat Data Nasional Berakibat Terhentinya Sertifikasi di Sektor Jasa Konstruksi Indonesia
komentar
beritaTerbaru