Senin, 15 Juli 2024

Penggunaan BBM Subsidi Mulai 17 Agustus akan Dibatasi

Wilfred Manullang - Rabu, 10 Juli 2024 13:58 WIB
195 view
Penggunaan BBM Subsidi Mulai 17 Agustus akan Dibatasi
Foto: Net
Ilustrasi BBM Subsidi
Jakarta (harianSIB.com)
Pemerintah berencana membatasi penggunaan BBM bersubsidi mulai tanggal 17 Agustus 2024. Namun, kebijakan ini masih menunggu rampungnya regulasi, yang merujuk pada revisi Perpres 191/2014.

Pembatasan dilakukan untuk mengurangi konsumsi dan polusi yang dihasilkan serta sejalan dengan peralihan dari BBM ke bioetanol

"Kemudian masalah penggunaan bensin, kita kan sekarang berencana ini mau mendorong segera bioetanol masuk menggantikan bensin," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan dikutip liputan6.com, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga:

Luhut beralasan pengurangan bertujuan untuk mengurangi jumlah polusi yang mencemari udara. Dia mengatakan, pada konteks ini akan tercipta sebuah efisiensi anggaran.

"Supaya polusi udara ini juga bisa dikurangi cepat, karena sulfur yang ini kan lebih dari 500 ppm ya, kita mau sulfurnya itu 50 ppm lah. Nah ini sekarang lagi diproses dikerjakan oleh Pertamina. Nah kalau ini semua berjalan dengan baik dari situ saya kira kita bisa menghemat lagi," ungkap Luhut.

Baca Juga:

Lebih lanjut dikatakannya bahwa PT Pertamina (Persero) sudah mulai menyiapkan penerapan pembatasan itu.

"Pemberian subsidi yang tidak pada tempatnya, sekarang Pertamina sedang menyiapkan dan saya berharap 17 Agustus ini kita sudah bisa mulai dimana orang yang tidak berhak dapat subsidi itu akan bisa kita kurangi, kita hitung di situ," kata dia.

Juru Bicara Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari menuturkan untuk harga BBM non subsidi di bulan ini masih dilakukan evaluasi dan monitor terkait pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah.

"Sedangkan, BBM subsidi sepenuhnya kewenangan Pemerintah dan sejauh ini belum ada informasi kenaikan harga BBM subsidi baik Biosolar maupun Pertalite," ucapnya.

Melansir dari situs resmi PT Pertamina terpantau belum ada perubahan harga BBM terutama BBM non subsidi. Sehingga harga pada 1 Juli 2024 masih sama dengan harga BBM sejak 1 Januari 2024.

Diketahui, harga Pertamax untuk kawasan DKI Jakarta dan Pulau Jawa masih dibanderol dengan harga Rp12.950 per liter. Kemudian untuk Pertamax Green 95 Rp13.900 hingga Pertamax Turbo masih di harga Rp14.400. (*)

Editor
: Wilfred Manullang
SHARE:
Tags
beritaTerkait
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Raih Penghargaan Internasional CSR di London
Bupati Humbahas Hadiri Pengukuhan 188 Siswa Angkatan XIII SMA Unggul Del
Ini Cara Luhut Panjaitan Turunkan Harga Tiket Pesawat
Harga BBM Turun ! Ini Daftar Lengkap Harga Terbaru di SPBU Seluruh Indonesia
Menko Luhut Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Tsinghua University
Jelang Idul Adha 2024, Pertamina Jamin Stok LPG Aman di Sumatera Utara
komentar
beritaTerbaru