Minggu, 05 Mei 2024

Inspirasi RA Kartini dalam Sepak Terjang Ujianna Sianturi

Redaksi - Senin, 22 April 2024 19:32 WIB
636 view
Inspirasi RA Kartini dalam Sepak Terjang Ujianna Sianturi
Foto: Ist/harianSIB.com
Ketua Umum Asosisasi UMKM Sumut, Ujianna Sianturi.
Medan (SIB)
Perjuangan Raden Ajeng Kartini mengenai persamaan hak terhenti setelah apa yang diusahakannya berhasil.
“Tantangannya, bagaimana mengisi dan memberi yang terbaik ketika persamaan gender antara perempuan dan pria sudah berhasil,” ujar Ketua Umum Asosisasi UMKM Sumut, Ujianna Sianturi saat peringatan Hari Kartini, Minggu (21/4).
Eksporter dan importir yang mengibarkan bendera Alpha Gemilang Sejahtera itu mengajak sesamanya justru meningkatkan kapasitas diri masing-masing agar perempuan dapat unggul dalam perkembangan zaman yang sudah tak lagi menyoal gender tapi bicara mengenai kualitas.
“Sekarang eranya revolusi teknologi. Sudah sampai di era artificial intelligence (AI),” tegas perempuan yang juga Ketua Dewan Kopi Indonesia (D’Kopi) Sumut.
Menyikapi kemajuan teknologi itu, ujarnya, perempuan jangan melupakan tugas hakiki sebagai ibu yang mendidik dan mengantar generasi muda menjadi manusia Indonesia seutuhnya.
“Basis yang saya maksudkan adalah moral religi yang mengamalkan kearifan lokal Indonesia. Perjuangan perempuan melawan patriarki, oligarki dan kapitalisme harus disertai upaya dan perjuang menutup kesenjangan gender yang disebabkan oleh hadirnya inovasi dan teknologi. Kemajuan itu untuk persamaan gender seperti yang diperjuangakan Kartini,” tambahnya.
Ia memastikan, bila manusia Indonesia memiliki kualitas moral religi, memiliki kualitas dalam pengetahuan duniawi maka cita-cita Kartini menjadi sempurna,” tambahnya sambil mejabarkan bahwa perempuan bukan hanya menempuh pendidikan akademik, melainkan juga mengasah keterampilan agar memiliki keahlian karena apa yang dibutuhkan perempuan relevan dengan perkembangan teknologi digital. (**)


Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Veronika Sitanggang “Kartini” Pendukung Penerang Religi
Darmayanti Lubis: Semangat Juang RA Kartini Perlu Ditiru
Kompetisi Latte Art dan Barista International Coffee Day di PRSU Medan
Kapolres Sergai Motivasi Siswa SMA YP RA Kartini Seirampah
Peringatan Hari Kartini, Jadi Motivasi Perempuan Untuk Berinovasi
PBI Sumut Ajak Kaum Perempuan Lestarikan Kebaya yang Kerap Dipakai RA Kartini
komentar
beritaTerbaru