Sabtu, 20 Juli 2024

Polda Sumut Musnahkan 150 Kg Sabu dan 117.263 Butir Pil Ekstasi

Tumpal Manik - Rabu, 05 Juni 2024 22:31 WIB
246 view
Polda Sumut Musnahkan 150 Kg Sabu dan 117.263 Butir Pil Ekstasi
Foto: Dok/Polda Sumut
TUNJUKKAN BARANG BUKTI: Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menunjuklan barang bukti narkotika sebelum dimusnahkan, didampingi Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana, Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Yemi Mandagi, di Mapolda Sumut, R
Medan (harianSIB.com)
Polda Sumut melalui Direktorat ReserseNarkoba memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu, pil ekstasi dan ganja hasil pengungkapan kasus narkoba selama kurun waktu 21 April hingga 23 Mei 2024, di Mapolda Sumut, Rabu (5/6/2024).

"Adapun barang bukti yang akan dimusnahkan yakni sabu 150,02 kg, 117.263 butir pil ekstasi dan ganja 68,5 gram," ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, didampingi WakaPolda, Brigjen Pol Rony Samtana, Direktur ReserseNarkoba, Kombes Pol Yemi Mandagi dan Kabid Humas, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Agung mengatakan, dari 20 kasus, 19 di antaranya diungkap Direktorat (Dit) ReserseNarkoba Polda Sumutdengan 30 tersangka dan 1 kasus diungkap Dit Polair dengan menangkap 1 tersangka.

Baca Juga:

Agung melanjutkan sebanyak 31 tersangka yang ditangkap, termasuk 3 wanita berperan sebagai kurir sabu melalui jalur udara di Bandara Kualanamu, Deliserdang.
Selain sabu, turut disita ganja 68,5 gram dan pil ekstasi 117.263 butir.

Kemudian seluruh barang bukti tersebut dimusnahkan ke dalam mesin incenerator.

Baca Juga:

"Para tersangka ini memiliki jaringan internasional Malaysia-Tanjungbalai-Tebingtinggi - Dumai - Aceh dan jaringan nasional Medan - Jakarta - Lombok," jelas Agung.

Menurut Kapolda, dalam aksinya para tersangka memiliki modus operandi yang beragam, antara lain dengan memasukkan sabu dan ekstasi ke dalam fiber ikan dan disimpan di gudang.

"Modusnya berbeda-beda, ada yang dimasukkan ke dalam tas ransel kemudian dibawa melalui kapal kayu dari perairan Malaysia ke Indonesia," jelasnya.

Untuk pengungkapan 117 kg sabu di Tanjungbalai dengan dua tersangka sebagai penjemput dan pembungkus, Agung menegaskan, pihaknya sedang memburu pemiliknya yang sudah diketahui identitasnya.

Disinggung soal barang bukti, Agung mengatakan dalam pengamanan barang bukti benar-benar sempurna dijalankan dalam dua bulan terakhir ini.

"Kita sudah dapat memastikan bahwa barang bukti yang disita oleh kepolisian ada mekanismenya yang sangat ketat untuk memastikan barang bukti itu yang kemudian bisa dihadirkan nanti sampai di persidangan. Dan barang bukti itu tidak berubah wujud bentuk berat dan sebagainya," urainya.

Agung menambahkan, dalam kasus narkoba tersebut ada 3 wanita mengaku kurir yang sudah malang melintang di dunia narkoba ini.

"Jadi kita tidak tahu ya kalau diperiksa selalu mengatakan ini saya baru pertama kali katanya. Nanti kalau sudah dilakukan pendalaman dengan bukti-buktinya baru muncul saya 12 kali pak dan seterusnya. Namun, infonya mereka ini sudah 48 kali melakukan kejahatan serupa," kata Agung. (**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pasca Rekonstruksi, Polisi Belum Juga Beberkan Motif Pembunuhan Rico Sempurna Pasaribu
Jelang PON XXI, Kakorlantas Polri Tinjau Pembangunan Sumut Sport Center
Jelang PON XXI Aceh-Sumut 2024, Polda Sumut Gelar Operasi Patuh Toba untuk Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas
Polisi Rekonstruksi Pembakaran Rumah Wartawan di Karo, Mulai dari Kedai Hingga Lokasi Kebakaran
Indikator Penilaian Jadikan Polda Sumut 2 Tahun Berturut-turut Raih Kompolnas Awards
Besok, Polda Sumut Rekonstruksi Kasus Pembakaran Rumah Wartawan di Karo
komentar
beritaTerbaru