Sabtu, 20 Juli 2024

Dinkes Sumut-RS Adam Malik Launching Vaksinasi Booster Kedua Bagi Nakes

Redaksi - Rabu, 03 Agustus 2022 16:17 WIB
466 view
Dinkes Sumut-RS Adam Malik Launching Vaksinasi Booster Kedua Bagi Nakes
IIN PRASETYO/SUMUT POS.
VAKSIN: Dinkes Sumut & RSUP H Adam Malik Medan resmi meluncurkan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi para Nakes, Selasa (02/08).
Medan (SIB)
Dinas Kesehatan Provinsi Sumut bersama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik secara resmi meluncurkan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes), seperti dilansir dari harianSIB.com, Selasa (2/8).

Penyuntikan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi nakes ini merupakan yang pertama di Sumut, dan dilaksanakan di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP H Adam Malik.

Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinkes Sumut dan seluruh pihak yang terlibat, terutama kepada para nakes yang sudah berpartisipasi dalam vaksinasi booster kedua ini.

“Terima kasih sudah ada antusias yang besar. Kita yang pertama di Sumut. Hari ini dengan Dinkes Sumut kita me-launching vaksinasi booster kedua untuk Sumut,” katanya.

Sedangkan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumut dr Syarifah Zakia MKes berharap pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk nakes di RS Adam Malik ini bisa menjadi tolok ukur di Sumut.

"Ini sebagai contoh untuk rumah sakit lainnya. Sehingga hari ini dan berikutnya kita akan adakan terus booster kedua di semua kabupaten/kota,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua ini dilakukan sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Nomor: HK.02.02/C/3615/2022 tanggal 28 Juli 2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Vaksinasi ini sudah mulai dilakukan sejak Jumat, 29 Juli 2022 dengan ketentuan interval waktu enam bulan setelah vaksinasi booster pertama.[br]



Di RS Adam Malik sendiri ada sebanyak 1.899 nakes yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 booster pertama, dan sudah bisa menerima vaksinasi booster kedua.

Untuk pelaksanaan vaksinasi pada hari pertama, Tim Vaksinasi Covid-19 RS Adam Malik menyediakan 250 dosis menggunakan vaksin Moderna, sama seperti yang digunakan pada vaksinasi booster pertama bagi nakes di lingkungan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini.

Dr Zainal pun berharap seluruh nakes, tidak hanya di RS Adam Malik, melainkan juga di Sumut khususnya dan di seluruh Indonesia pada umumnya, agar dapat menjalani vaksinasi booster kedua Covid-19 ini sesuai dengan arahan pemerintah.

“Kepada seluruh tenaga medis agar bisa mengikuti booster yang kedua ini. Karena memang sudah terbukti dari booster yang pertama itu sangat menaikkan imun kita,” ujar dokter spesialis tersebut menambahkan.

Dalam hari pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi nakes di RS Adam Malik ini, para dokter spesialis dan perawat tampak antusias untuk mengikutinya.

Di antaranya terlihat pula Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP H Adam Malik dr Zuhrial Zubir SpPD K-AI juga ikut menjalani vaksinasi booster kedua ini bersama dengan para dokter spesialis lainnya.

Vaksinasi Covid-19 booster kedua ini akan terus dilakukan setiap hari sesuai dengan aturan.

Sementara itu, acara peluncuran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi nakes di RS Adam Malik ini turut dihadiri Direktur Perencanaan, Keuangan dan BMN RSUP H Adam Malik Supomo SE MKes, Kepala Instalasi Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP H Adam Malik drg Ateta MARS, Sekretaris Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP H Adam Malik drg Helena Surbakti MKes, dan jajaran manajemen rumah sakit, serta rombongan perwakilan Dinkes Sumut. (SS6/d)





Sumber
: KORAN SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sambut PON 2024, Dinkes Sumut akan Turunkan 1.150 Tenaga Kesehatan
Tak Lagi Harus Amputasi, RS Adam Malik Bisa Tangani Operasi Tumor Tulang
RS Adam Malik dan Tim Dokter Arab Saudi Berhasil Operasi Bedah Jantung 25 Anak
RS Adam Malik Mulai Terapkan Sistem KRIS
Sidang Lanjutan Korupsi Pengadaan APD Covid-19 di Dinkes Sumut
Diduga Korban Lakalantas, RS Adam Malik Rawat Pasien Tanpa Identitas dan Keluarga
komentar
beritaTerbaru