Sabtu, 20 Juli 2024

Pemkab Humbahas Peroleh Rp 13 Miliar dari Bagi Hasil Pajak

Kendaraan Plat Merah Banyak yang Nunggak
Sahat M. Sihite - Jumat, 07 Juni 2024 08:04 WIB
816 view
Pemkab Humbahas Peroleh Rp 13 Miliar dari Bagi Hasil Pajak
Foto/Sahat M Sihite
FOTO : Kantor UPTD Pependa Samsat Doloksanggul, Jalan Bonan Dolok KM 2,5 Kecamatan Doloksanggul, Kamis (6/6/2024).
Humbahas (harianSIB.com)
Kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) banyak menunggak pembayaran pajak. Tunggakan pajak kendaraan plat merah itu pun bervariasi, ada yang satu tahun, dua tahun hingga ada yang sampai tiga tahun.

Hal tersebut terkuak saat Jurnalis SIB News Network (SNN) konfirmasi kepada Kepala UPTD Pependa Samsat Doloksanggul, Tina Melinda Sinamo SSos MAP, saat melakukan razia gabungan bersama Satlantas Polres Humbahas dan Jasa Raharja, di depan Polsek Doloksanggul, Kamis (6/6/2024).

Dari data Bapenda Sumatera Utara lewat UPTD Pependa Samsat Doloksanggul, cukup banyak kendaraan dinas plat merah yang menunggak pajak. Terkait jumlah dan besaran nominal tunggakan pajaknya, Tina menyebut pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Bapenda Sumut. Kendaraan yang menunggak ini, didominasi kendaraan roda dua, terutama kendaraan dinas yang berada di pedesaan.

Baca Juga:

Informasi tunggakan pajak kendaraan ini, sudah diberitahukan kepada Pemkab Humbahas dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Humbahas.

"Bahkan UPTD Pependa Samsat Doloksanggul sudah menyurati BPKPAD Humbahas. Tahun ini saja sudah dua kali kami surati, dan minggu depan akan menyurati kembali. Namun, kayaknya belum ada tindak lanjut, terbukti hingga saat ini masih banyak tunggakan untuk kendaraan plat merah," ucap Tina.

Baca Juga:

Pajak kendaraan tersebut bagi hasil dengan Pemkab Humbahas. Tahun 2023 saja, Bapenda Sumut bagi hasil dengan Pemkab Humbahas dengan nominal kira-kira Rp 13 miliar untuk pembangunan. "Tetapi, kenapa masih ada tunggakan mobil dinas plat merah Pemkab Humbahas," kata Tina.

:Pemerintah setempat saja menunggak pajak, padahal pemerintah harus menjadi panutan terhadap masyarakat. Oleh karena itu, marilah kita semua taat pajak," ajak Tina.

Tina berharap Pemkab Humbahas untuk segera membayarkan tunggakan pajak kendaraan. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pemkab Humbahas Bersama Satpol PP Provsu Laksanakan Bimtek Optimalisasi Peran Satgas Linmas
Bupati Terima Audiensi Kontingen Popkab Humbahas
Pemko Medan Beri Kelonggaran PT ACK Bayar Tunggakan Sampai Akhir Juni
Pemkab Humbahas Laksanakan Rembuk Stunting Kecamatan Parlilitan
UPT Samsat Sibuhuan Gandeng Satlantas Gelar Operasi Gabungan PKB ke 2
Razia Pajak Kendaraan, Petugas Temukan SIM Palsu
komentar
beritaTerbaru