Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Kanwil Kemenag Sumut dan IAIN Lhokseumawe Teken MoU, Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi

Redaksi - Minggu, 28 April 2024 19:05 WIB
404 view
Kanwil Kemenag Sumut dan IAIN Lhokseumawe Teken MoU, Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi
Foto: Dok/Humas Kanwil Kemenagsu
TEKEN MOU: Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad SAg MM bersama Rektor IAIN Lhokseumawe Prof Dr Danial MAg tanda tangani kerjasama disaksikan Wakil Rektor I Dr Iskandar MSi, Kepala Biro AUAK Dr H Tohar Bayoangin di Aula Kanwil Kemenag Sumut, Jumat (26/4/2024).
Medan (SIB)
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka mewujudkan dan penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Aula Kanwil Kemenag Sumut, Jumat (26/4).


Hadir pada penandatanganan MoU yakni Kakanwil Kemenagsu H Ahmad Qosbi SAg MM, Rektor IAIN Lhokseumawe Prof Dr Danial MAg, Wakil Rektor I Dr Iskandar MSi, Kepala Biro AUAK Dr H Tohar Bayoangin MAg. Turut Hadir Kepala Bagian Tata Usaha Drs H Muhammad Yunus MA, para Kepala Bidang dan Pembimas serta Ketua Tim di jajaran Kanwil Kemenag Sumut.


Kakanwil Ahmad Qosbi berterima kasih dan menyambut baik kerja sama antardua institusi. Menurutnya, MoU tersebut sejalan dengan tugas dan fungsi instansi terutama pada pelayanan keagamaan dan pendidikan yang maksimal kepada masyarakat."Terima kasih atas kepercayaannya menjadikan kami sebagai mitra kerja. Semoga kerja sama ini mampu menjadikan IAIN Lhokseumawe sebagai destinasi melanjutkan pendidikan tinggi guna mencetak generasi intelektual muslim," ucapnya.

Baca Juga:

Kakanwil Kemenagsu juga berharap keinginan IAIN Lhokseumawe menjadi UIN agar segera terwujud. Hal tersebut akan menjadikan IAIN yang bertransformasi menjadi UIN semakin diminati masyarakat mencetak generasi yang maju."Disampaikan Rektor tadi bahwa 30% mahasiswa IAIN berasal dari Sumatera Utara.

Ini patut diapresiasi, selain letak kampus yang strategis, kualitas akademis menjadi opsi masyarakat memilihnya. Kami berharap transformasi IAIN menjadi UIN agar segera terealisasikan," tambah Qosbi.

Baca Juga:

Rektor IAIN Lhokseumawe, Prof Dr Danial MAg menyampaikan, kunjungan ini sebagai bagian dari jalinan silaturahmi dengan Kanwil Kemenag Sumatera Utara dan komitmen antar instansi untuk saling mengisi dalam berbagai bidang."Momen silaturahmi yang dirangkai dengan MoU ini, nantinya kita mengharapkan berlanjut ke dalam bentuk kerja sama," ungkap Rektor IAIN Lhokseumawe.


Kampus IAIN Lhokseumawe katanya sebagai kampus nusantara. Hal tersebut dikarenakan, saat ini kampus diisi oleh mahasiswa hingga dosen yang berasal dari berbagai daerah."Saat ini IAIN Lhokseumawe juga sedang menunggu proses dari alih status menjadi UIN. Mohon doanya," jelas Danial.


Kepala Biro AUAK IAIN Lhokseumawe, Dr H Tohar Bayoangin MAg mengungkapkan bahwa kerjasama dengan instansi yang ada di Sumatera Utara bagian dari penguatan dan mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Sebelumnya IAIN Lhokseumawe telah membuka berbagai kerjasama dengan Pemprov Sumut, Pemkab Langkat dan kali ini dengan Kanwil Kemenag Sumut," ucapnya. (**)

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kajari Humbahas: MoU Ini Bukan Merupakan 'Beking' Bagi Stakeholder
4 Negara Kandidat Juara Euro 2024 Versi Jose Mourinho
Plt Bupati dan PT KAI Teken MoU Pengangkutan Jemaah Calon Haji Labuhanbatu
Bupati Karo Tandatangani MoU Kerjasama Antar Daerah (KAD) Kabupaten Langkat, Karo dan Dairi
Kakanwil Kemenag Sumut : Laporan Dumas Paling Banyak di Madrasah
PN Simalungun dan UPTD Disabilitas Teken MoU Tentang Pelayanan
komentar
beritaTerbaru