Jumat, 17 Mei 2024 WIB

Masih Jadi Momok, Polda Sumut Tingkatkan Pemberantasan Narkoba

Tumpal Manik - Kamis, 02 Mei 2024 21:11 WIB
557 view
Masih Jadi Momok, Polda Sumut Tingkatkan Pemberantasan Narkoba
Foto Dok/ Polda Sumut
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi
Medan (harianSIB.com)

Polda Sumut dan jajarannya terus meningkatkan penindakan pemberantasan peredaran narkoba yang masih menjadi momok menakutkan sebagai komitmen bersama mewujudkan wilayah Bersinar (bersih dari narkoba).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan penindakan pemberantasan peredaran narkoba dilakukan secara gencar dengan penangkapan terhadap para jaringan, bandar, kurir narkoba di wilayah Sumatera Utara.

"Polda Sumut dan jajaran secara rutin melakukan gerebek kampung narkoba dalam memberantas peredaran narkoba di pemukiman masyarakat," katanya, Kamis (2/5/2024).

Hadi menjelaskan penindakan pemberantasan narkoba yang dilakukan Polda Sumut dan jajaran guna menyelamatkan masyarakat serta generasi muda dari penyalahgunaan narkotika karena narkoba menjadi faktor utama terjadinya kejahatan.

"Polda Sumut mengimbau kepada masyarakat untuk membangun sikap menjadikan narkoba sebagai musuh bersama," tegasnya.

Sebelumnya Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyebutkan narkoba menjadi faktor terjadinya aksi kejahatan di wilayah Sumatera Utara. Tercatat 65 persen pelaku kejahatan terbukti mengonsumsi narkoba.

"Juga narkoba menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 6 orang meninggal dunia di Kabupaten Simalungun," sebutnya seraya mengakui tingginya kasus kejahatan karena dampak dari peredaran narkoba.

"Korelasi jumlah pemberantasan pada 2023, Polda Sumut berhasil mengungkap 5.225 kasus narkoba dengan jumlah tersangka 6.570 orang. Dengan rincian jaringan 5.320 orang dan pengguna 1.250 orang," bebernya.

Lebih lanjut, Agung menerangkan untuk barang bukti narkoba sepanjang 2023 diantaranya sabu 1,12 ton, ganja 2,2 ton, pohon ganja 395.064 batang, pil ektasi 181.673 butir, ladang ganja 150 hektar serta obat-obatan lainnya.

Jenderal bintang dua itu juga menyampaikan gencarnya penindakan narkoba tercatat selama 6 bulan terakhir jumlah kejahatan cenderung menurun 22,37 persen. Dalam hal ini Polda Sumut dapat menyelamatkan 14.686.081 jiwa dari bahaya narkoba.

"Pengungkapan narkoba di Sumatera Utara merupakan kegiatan rutin bukan operasional kepolisian. Diharap kesadaran masyarakat untuk menghindari dan menjadikan narkoba musuh bersama," pungkasnya. (**)


Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolda Sumut di Madina: Tingkatkan Pelayanan, Masyarakat Harus Bisa Tersenyum
Pasca Ledakan di Perumahan Liberty Resident, Sat Brimob Polda Sumut Sterilisasi Lokasi
Dishub Gandeng PT KAI, Dirlantas Polda Sumut dan Jasa Raharja Sosialisasi di Sekolah
Kapolda Sumut Resmikan Gedung Baru Polres Tapsel
Supervisi Direktorat Bidang Lalulintas Polda Kunker ke Polres Humbahas
Akan Diresmikan Kapolda, Kapolres dan Walikota Cek Ruang Rehabilitasi Napza RSUD Djasamen Saragih
komentar
beritaTerbaru