Senin, 15 Juli 2024

Sungai Deli Diduga Tercemar Limbah Minyak Goreng

Rido Sitompul - Rabu, 12 Juni 2024 21:56 WIB
717 view
Sungai Deli Diduga Tercemar Limbah Minyak Goreng
(Foto Dok/Detik Sumut)
Ilustrai Sungai Deli.
Medan (harianSIB.com)
Pasca kebakaran gudang pengolahan minyak goreng di Medan Deli, Sungai Deli diduga tercemar minyak goreng.

Dikutip dari metrotvnews, Rabu (12/6/2024), air Sungai Deli mendadak berwarna hitam akibat tercemar minyak bercampur sisa kebakaran yang dibuang langsung melalui pipa pembuangan ke sungai.

Kebakaran hebatmelanda gudang pengolahan minyak goreng pada Senin, 10 Juni 2024. Pabrik pengolahan yang masih membersihkan gudang diduga sengaja membuang minyak melalui pipa pembuangan ke Sungai Deli di Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli, Sumatera Utara.

Baca Juga:

Terlihat pembuangan limbah dilakukan olehpabrik pengolahan minyakke sungai membuat warna air berubah menjadi hitam. Pencemaran air ini akan berdampak ke lingkungan serta mengganggu habitat ikan.

Relawan Antisipasi Kebencanaan dan Lingkungan Hidup Pesisir, Putra Islami menyayangkan dampak dari terbakarnya pabrik pengolahan minyak goreng terbesar di Sumatera yang telah mencemari sungai ini.

Baca Juga:

"Limbah mengalir di Sungai Deli. Sementara Sungai Deli ini digunakan warga untuk MCK, di sinilah para warga mencuci, semua, segalanya," kata Putra Islami.

Menurutnya, tidak adanya pengawasan membuat banyak pabrik sesuka hati membuang limbah di sepanjang Sungai Deli. Sehingga, Sungai Deli mengalamipencemaranyang sangat parah.

"Mari kita kerja sama untuk membersihkan limbah ini agar perusahaan tersebut bisa menetralisirkan untuk perairan di Sungai Deli ini," ujar Putra. (*)

Editor
: Rido Sitompul
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jembatan Gantung Sungai Deli Kota Bangun akan Direnovasi
PT MNA Kuala Tanjung Gelar OP Minyak Goreng 6000 Liter di Batubara
Polres  Belawan Ringkus Terduga Pencuri Pipa Besi Jembatan Sungai Deli
Pemerintah Belum Bayar Utang Minyak Goreng Rp 344 M, Pengusaha Protes
Drs Daniel Pinem Apresiasi Normalisasi dan Pembersihan Sungai Deli
Harga Telur, Minyak Goreng dan Gula Pasir di Pematangsiantar Masih Tinggi
komentar
beritaTerbaru