Akses Jalan Penghubung Rawang Menuju Kecamatan Meranti Memprihatinkan


237 view
Foto SIB/Donal Tampubolon
Rusak: Jalan utama warga dusun V Kecamatan Rawang Panca Arga sekaligus jalan penghubung antar kecamatan sudah bertahun-tahun rusak dan belum ada tanda perbaikan. Foto dipetik Kamis (3/12) 
Kisaran (SIB)
Jalan penghubung antar kecamatan tepatnya di Dusun V Fesa Pondok Bungur Kecamatan Rawang Panca Arga menuju Kecamatan Meranti saat ini kondisinya memprihatinkan. Nyaris seluruh badan jalan sepanjang 1 Km rusak. Warga berharap pemerintah melalui dinas terkait segera memperbaiki jalan tersebut.

M Simbolon kepada SIB, Rabu (3/12/202) menyebut, jalan itu merupakan jalan utama sekaligus akses penghubung bagi masyarakat setempat yang sebagian besar menggantungkan hidupnya dari bertani. Sudah tidak terhitung lagi jumlah kenderaan roda 2 terjatuh dan rusak akibat melintas di jalur itu. Dengan rusaknya jalan, pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan warga terganggu.

Senada diungkapkan R Nainggolan. Ia mengatakan, warga dusun kecewa dengan Pemkab Asahan yang seolah tutup mata dengan kondisi jalan tersebut.

Sudah lama jalan tersebut rusak parah. Terakhir kali dilapen 5 tahun lalu, setelah itu tidak pernah lagi diperhatikan baik pihak desa maupun Pemkab.

"Bila ada kegiatan yang melibatkan pihak Provinsi maupun pusat, Kecamatan Rawang Panca Arga ini selalu di agung-agung kan sebagai salah satu daerah ketahanan pangan di Asahan, mengapa akses jalan nya seperti ini," ujarnya.

Di tempat terpisah, Taufik Purnomo, dekretaris desa ketika dikonfirmasi membenarkan. Menurut Taufik, akses jalan tersebut merupakan akses jalan kabupaten, tidak mungkin untuk memperbaikinya menggunakan dana desa. "Pihak desa sudah melaporkan kerusakan ke kecamatan, mudah-mudahan keluhan warga bisa segera direalisasi," ucap Taufik.

Pantauan di lapangan, tapal batas Kecamatan Meranti dan Rawang Panca Arga dipisahkan oleh sebuah jembatan. Akses jalan Kecamatan Meranti hingga ke titik pembatas jembatan itu kondisi jalannya sangat baik ( hotmix).

Sementara akses jalan Kecamatan Rawang dimulai dari jembatan menuju Dusun V Desa Pondok Bungur rusak parah, banyak lubang besar dan kecil terlebih saat hujan tiba. Kondisi tersebut sudah terjadi selama bertahun tahun. (*)

Penulis
: Donal Tampubolon
Editor
: Robert / Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com