Rawan Corona Menhub Diminta Batalkan Penerbangan Kualanamu ke Nias


1.867 view
Rawan Corona Menhub Diminta Batalkan Penerbangan Kualanamu ke Nias
Foto: SIB/Dok
Drs Faozatulo Lomboe SH
Nias (SIB)
Salah seorang tokoh masyarakat di Kepulauan Nias, Drs Faozatulo Lomboe SH, Jumat (8/5/2020) menyampaikan kritik kepada kementerian perhubungan, dengan adanya rencana pembukaan penerbangan dari Kualanamu ke Nias.

Faozatulo mengatakan, hingga saat ini, 4 kabupaten dan 1 kota di Kepulauan Nias masih dinyatakan zona hijau Covid-19, sebab, belum ada satu pun warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) maupun positif Covid-19.

"Medan adalah zona merah corona. Pembukaan penerbangan ke Nias memberi peluang virus ini menyebar melalui penumpang pesawat. Ini sama saja menambah pekerjaan pemerintah dan membuat warga Nias ketakutan," kata pria pensiunan Jaksa ini.

Apalagi disebutkan, RSUD Gunungsitoli yang tidak memiliki fasilitas lengkap akan sangat kewalahan jika menerima pasien corona.

"Kami meminta agar menteri Budi Karya Sumadi membatalkan penerbangan itu, sekalipun untuk kalangan tertentu dan memiliki persyaratan khusus," tegasnya.

Sebelumnya, Manager PT Wings Cabang Nias, Roy Hutapea, membenarkan penerbangan Medan-Nias akan dibuka mulai 10 Mei. Ia berjanji akan kembali menyampaikan informasi lanjutan.

Sementara itu, pembukaan penerbangan Medan-Nias sesuai surat edaran Dirjen Perhubungan Udara nomor 31 tahun 2020, tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Mudik Iduk Fitri 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Covid-19. (*)

Penulis
: Riswan H Gultom
Editor
: Robert Banjarnahor
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com