KRI Bung Tomo 357 Latma Memerangi Pembajakan dan Terorisme di Pakistan


188 view
Foto SIB/Dispen Koarmada I
Sambut KRI Bung Tomo : Comdesrone 25 Pakistan, Commodore Imtiaz Ali didampingi Komandan Kapal (CO) Zulfiqar, Captain Imran Ahmad Rao, Athan RI untuk Pakistan, Kolonel Kav Dody Mukhtar dan Plt Konjen RI di Karachi, Herian Yuliansyah menyambut kedatangan kapal perang Indonesia, KRI Bung Tomo 357 dalam rangka Latma Multinasional AMAN 21 di Pakistan, Kamis (11/2/2021).
Belawan (SIB)
Indonesia bersama sejumlah negara, di antaranya Amerika Serikat, Rusia, Inggeris serta beberapa negara dari Eropa, Asia Tengah, Timur Tengah, Afrika Timur, Asia Selatan dan Asia Tenggara bergabung di Karachi, Pakistan melakukan Latihan Bersama (Latma) memerangi pembajakan, terorisme serta kejahatan lainnya yang berpotensi mengancam keamanan dan stabilitas maritim.

Dalam Latma Multinasional AMAN 21 yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 11 Pebruari hingga 16 Pebruari 2021 di Pakistan tersebut, Indonesia mengerahkan kapal perang, KRI Bung Tomo 357 dengan 100 orang personel, termasuk 9 orang Kadet AAL, dan telah tiba di Karachi, Pakistan, Kamis siang (11/2) sekira pukul 11.30 waktu setempat.

Kedatangan KRI Bung Tomo 357 di Pakistan dipimpin Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Excercise AMAN-21, Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro SE dan Komandan KRI Bung Tomo 357 Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi disambut oleh Athan RI untuk Pakistan, Kolonel Kav Dody Mukhtar Taufik dan Plt Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Karachi, Herian Yuliansyah, Comdesrone 25 Pakistan, Commodore Imtiaz Ali dan Komandan Kapal Pakistan (CO) Zulfiqar, Captain Imran Ahmed Rao.

Dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Kamis sore (11/2) dari Dispen Koarmada I, Dansatgas Excercise AMAN-21 mengatakan, 47 negara akan berpartisipasi dalam latihan bersama tersebut, dengan melaksanakan latihan aspek laut, baik permukaan dan udara, operasi pasukan khusus. Seminar diikuti perwira senior dan pengamat (observer), serta akan melakukan dua fase latihan yakni harbour phase pada tahap perencanaan dan sea phase sebagai tahap manoeuvre.

“Kegiatan harbour phase akan mencakup seminar, diskusi, demonstrasi dan pertemuan internasional. Sementara sea phase akan mendemonstrasikan manuver taktis tentang anti-pembajakan, kontraterorisme, penembakan senjata, serta misi pencarian dan penyelamatan. Salah satu ciri dari sea phase adalah International Fleet Review (IFR), yang akan dilaksanakan inspeksi oleh pejabat nasional dan asing dari salah satu kapal Angkatan Laut Pakistan,” ujar Datsatgas Exercise AMAN 21.

Sementara itu, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksda TNI Abdul Rasyid SE MM membenarkan, KRI Bung Tomo-357 sudah tiba di Karachi Pakistan guna melakukan persiapan Latma Multinasional AMAN-21 yang ke 7.

"Pada Latihan Bersama AMAN-21, TNI AL berpartisipasi sebagai peserta dengan mengerahkan satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) MRLF Class yakni KRI Bung Tomo-357 jajaran Satkor Koarmada I. Latihan Bersama Multinational Exercise AMAN-21 dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama militer antara Indonesia dengan negara-negara peserta lainnya," ujar Pangkoarmada I.

Latihan tersebut merupakan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, bertujuan untuk penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi dalam memenangkan kepentingan nasional. (M07/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com